Tingkat Partisipasi Pemilih Jadi Ukuran Kesuksesan Pilkada

Pilpres   Selasa, 24 Januari 2017 | 07:04 WIB

Tingkat Partisipasi Pemilih Jadi Ukuran Kesuksesan Pilkada - Kantorberitapemilu.com

Tjahjo Kumolo/Net

KBP. Masyarakat diminta menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya pada Pilkada serentak 15 Februari mendatang. Dalam memilih, masyarakat juga diminta memilih calon yang amanah serta mampu mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Demikian disampaikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Tjaho juga berharap Pilkada serentak gelombang kedua ini juga harus berlangsung dengan sukses. Salah satu indikatornya adalah partisipasi masyarakat yang tinggi.

"Jangan seperti Pilkada sebelumnya, dimana ada satu daerah yang padat penduduk namun minim partisipasi," kata Tjahjo, sebagaimana dilansir situs Kemendagri.

Menteri asal PDI Perjuangan ini juga berpesan agar sosialisasi Pilkada dilakukan semaksimal mungkin agar masyarakat berpartisipasi menggunakan hak pilih. Demi keberlangsungan Pilkada, Kemendagri juga sudah memetakan daerah-daerah yang rawan serta potensi politik uang.

"Kami Kemendagri juga berkonsentrasi pada adanya politik uang selama Pilkada, karena ini merupakan salah satu kunci kesuksesan pilkada," ujar Mendagri.

Pada prinsipnya, sambung dia, Pilkada adalah upaya pemerintah untuk menjaga netralitas. Maka dari itu, Mendagri mengimbau kepada struktur pemerintah seperti Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, serta TNI untuk menjaga netralitas tersebut.

"Sukses Pilkada bukan hanya kampanye tetapi bagaimana tingkat partisipasi masyarakat dan tidak adanya politik uang, masing-masing paslon adu konsep dan program," demikian Mendagri. [ysa]


Komentar Pembaca