Pelajar SMA Bisa Jadi Agen Sosialisasi Pemilu

Pilpres   Selasa, 24 Januari 2017 | 08:55 WIB

Pelajar SMA Bisa Jadi Agen Sosialisasi Pemilu - Kantorberitapemilu.com

KPU Bondowoso

KBP. Pelajar tingkat sekolah menengah atas pemilih pemula bisa menjadi agen sosialisasi pemilihan umum (pemilu) bagi rekan sebayanya .

Karena itu KPU Kabupaten Bondowoso menggelar kelas pendidikan pemilih pemula di 72 SMA dan SMK se-Bondowoso. Hadir dalam acara ini sekitar 300 siswa.

"Kami berharap peserta kelas pendidikan pemilih pemula dapat menjadi agen sosialisasi bagi rekan sebayanya," kata Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Bondowoso, Lilik Ernawati.

Di sela acara Pendidikan Pemilih Pemula dan Pra Pemilih di Aula SMA Negeri 2 Bondowoso, tersebut, Lilik mengatakan bahwa kelas pendidikan pemilih pemula merupakan  kelanjutan program Pendidikan Pemilih Pemula yang digelar KPU Bondowoso pada 2015-2016.

Pada kurun waktu tersebut, KPU Bondowoso menyelenggarakan Pemilihan OSIS Serentak di 9 SMA/K Negeri Bondowoso, Bimbingan teknis dan fasilitasi Pemilihan Badan Eksekutif Mahasiswa, serta pendidikan pemilih bagi siswa SLTP dan SLTA bekerjasama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Bondowoso.

"KPU Bondowoso terus memulai pendidikan pemilih dari bawah karena belum ada dukungan optimal dari stakeholders," kata Lilik.

Menurut Lilik, sebagaimana dilansir situs KPU, program pendidikan pemilih merupakan implementasi surat KPU Nomor 525/KPU/IX/2016 tanggal 21 September 2016. Dalam surat tersebut, KPU memerintahkan KPU Provinsi/Kabupaten/Kota untuk melakukan pendidikan pemilih secara intensif, masif dan berkesinambungan ke berbagai kelompok masyarakat. [ysa]


Komentar Pembaca