PPK Bertanggungjawab Sosialisasikan Pemilu Hingga Ke Level Keluarga

Pilpres   Selasa, 24 Januari 2017 | 10:22 WIB

PPK Bertanggungjawab Sosialisasikan Pemilu Hingga Ke Level Keluarga - Kantorberitapemilu.com

Ilustrasi/Net

KBP. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) mempunyai tanggung jawab untuk melakukan sosialisasi pendidikan pemilih sampai ke level kepala keluarga. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menggenjot angka partisipasi pemilih.

Demikian disampaikan anggota KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, La Ode Abdu Natsir, di aula Gedung Wakaka Kabupaten dalam rangka memfasilitasi pendidikan pemilih untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di daerah pemilihan yang diikuti oleh pasangan calon tunggal.

Apabila melihat data hasil tingkat partisipasi pemilih pada tahun 2014, jelas Natsir, angka partisipasi pemilih di Buton belum mampu mencapai angka rata-rata nasional. Oleh karena itu pada pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati tanggal 15 Februari nanti diharapkan angka partisipasi pemilih dapat meningkat

Pada pilkada serentak Tahun 2015 lalu ada 3 daerah yang sukses menggelar pemilihan dengan pasangan calon tunggal, sedangkan pada tahun ini ada 9 daerah, yang salah satunya adalah Buton.

Meskipun hanya dengan pasangan calon tunggal, Natsir berharap antusiasme masyarakat untuk datang ke TPS tetap besar. Sebab kolom foto pasangan calon dan kolom kosong memiliki makna yang sama.

"Jika masyarakat setuju dengan pasangan calon, maka coblos di kolom foto pasangan calon, begitu juga sebaliknya jika tidak setuju, maka coblos di kolom kosong," demikian Natsir. [ysa]


Komentar Pembaca