Usulan Penambahan Anggota DPR Dipertimbangkan Gerindra

Pilpres   Selasa, 24 Januari 2017 | 15:03 WIB

Usulan Penambahan Anggota DPR Dipertimbangkan Gerindra - Kantorberitapemilu.com

A Riza Patria/Net

KBP. Saat ini  jumlah Anggota DPR RI sudah tidak merefleksikan keterwakilan dari jumlah penduduk Indonesia saat ini yang sudah semakin banyak. Karena itu, Gerindra mempertimbangkan soal usulan penambahan kursi anggota DPR RI.

"Kemarin dalam RDPU dengan beberapa NGO, LSM dan beberapa pemerhati Pemilu mereka mengusulkan ada penambahan yang ideal itu 570 jadi bertambah 10," kata Wakil Ketua Panita Khusus (Pansus) RUU Pemilu dari Fraksi Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1).

Usulan tersebut direspon oleh seluruh anggota Pansus. Mereka kemudian mempertimbangkan usulan tersebut.

"Hari hari ini sedang mempertimbangkan usulan dari teman-teman NGO, perlunya penambahan anggota dewan 10 dari 560 menjadi 570  karena di sesuaikan dengan teroturial yang luas kemudian jumlah  dapil anggota DPR  contohnya di Sumut satu Dapil sampai 19 Kab/Kota," jelasnya.

Untuk itu, tambah dia, Pansus RUU Penyelenggaraan Pemilu perlu dicarikan solusi apakah dengan menambah jumlah Anggota DPR RI menambah jumlah Dapil dan sebagainya.

"Saya kira Gerinda termasuk fraksi yang akan mempertimbangkan perlu tidaknya penambahan dewan di DPR RI namun demikian bagi Gerindra yang tidak kalah penting kedepan bagaimana UU Pemilu ini dapat mendorong penguatan parpol dan juga kinerja anggota DPR RI," katanya.

Dipertegas apakah penambahan kursi Anggota DPR RI dapat menjamin efektifitas kinerja Senayan, Ahmad Riza bilang kalau mau menyalahkan, seharusnya yang dipersalahkan atas proses legislasi adalah pemerintah dan DPR.

"Proses legislasi tidak bisa disalahkan ke dewan karena proses legislasi itu menjadi kewenangan pemerintah dan dewan," jelasnya. [ysa]


Komentar Pembaca