PILKADA DKI

Survei LSI: Muslim Jakarta Pilih Agus

Pilpres   Selasa, 24 Januari 2017 | 20:21 WIB

Survei LSI: Muslim Jakarta Pilih Agus - Kantorberitapemilu.com

KBP.  Lembaga Survei Indonesia merilis hasil survei terbarunya terkait Polarisasi Agama, Etnik dan Gender pada Pilkada DKI.

Hasilnya, Sebanyak 71, 4 persen pemilih  yang beragama Islam menyatakan kesamaan agama dengan calon gubernur yang bertarung sangat penting. Namun,  27,2 persen menyatakan kesamaan agama itu tidak penting. Sedangkan yang tidak menjawab sebanyak  1,4 persen. 

"Sedangkan segmen ;pemilih yang menyatakan kesamaan agama penting sebanyak 45,2 persen memilih Agus dan Sebanyak 17,3 persen memilih Ahok. Sedangkan 26,5 persen memilih Anies," kata Peneliti LSI, Ardian Sopa, kepada wartawan di Jakarta, Selasa  (24/1).

Namun  demikian  menurut dia, bagi segmen pemilih Muslim yang menyatakan kesamaan agama tak penting, yang memilih Agus hanya 13,2 persen, memilih Ahok melonjak ke 71,0 persen, dan memilih Anies 8,8 persen. 

"Agus menang di segmen yang menganggap 'kesamaan agama penting'. Ahok menang di segmen yang menganggap kesamaan Agama tidak penting," kata Adrian.

Jika diteliti dari total pemilih muslim di Jakarta, Agus mendapatkan dukungan 39,6 persen, Ahok 28,0 persen, Anies 23,4 persen. Sisanya tidak tahu/tidak jawab. Sementara pemilih non-muslim, Agus mendapatkan dukungan hanya 2,8 persen, Ahok 82,2 persen, Anies hanya 1.4 persen, sisanya 13,6 persen menyatakan tidak tahu/tidak jawab. 

"Ahok unggul sangat mutlak di pemilih minoritas non-muslim. Agus menang di pemilih muslim," kata Ardian Sopa. [dry]


Komentar Pembaca