PILKADA DKI

Sortir Kertas Suara Digeber dan Ditargetkan Seminggu Selesai

Pilpres   Selasa, 24 Januari 2017 | 20:59 WIB

Sortir Kertas Suara Digeber dan Ditargetkan Seminggu Selesai - Kantorberitapemilu.com

KBP. Penyortiran surat suara pada Pilgub DKI sudah dimulai dan Komisi Pemilihan Umum Kota Jakarta Pusat menargetkan proses menyortir surat suara diselesaikan dalam waktu seminggu.

"Kita targetkan bisa diselesaikan selama tujuh hari," Ketua KPU Jakarta Pusat Arif Bawono saat memberikan penjelasan di Gudang Logistik KPU Kota Jakarta Pusat, Senen, Jakarta, Selasa (24/1).

Menurut dia, jumlah surat suara di KPU Kota Jakarta Pusat sebanyak 766.439. Adapun 2,5 persen di antaranya merupakan surat suara cadangan.  Untuk menyortir surat suara itu, pihaknya  mengerahkan  30 pekerja, dan diperkirakan  150 ribu surat suara dapat diselesaikan hari ini. Dan pihaknya berharap pekerjaan  itu bisa diselesaikan lebih cepat.

"Kita akan bekerja keras  untuk menyelesaikan proses sortir dalam waktu lima hari saja," ujarnya.

Dengan demikian waktu dua hari, kata Arif bisa dimanfatkan untuk mengecek kembali surat suara  per TPS dan Kelurahan.

Dia menambahkan,  surat suara masih ada di KPU Kota Jakarta Pusat sampai 1 Februari 2017. Setelah itu, petugas akan mendistribusikan surat ini ke setiap kecamatan sebagai tempat penyimpanan sementara seluruh alat kelengkapan pemungutan suara. 
Seluruh kelengkapan itu baru akan dikirim ke tiap kelurahan pada 12 Februari 2017.

Petugas dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara akan mengambilnya pada 14 Februari. Proses distribusi dilakukan segera ke tiap tempat pemungutan suara sehingga dapat digunakan keesokan harinya untuk pilkada. 


Di wilayah KPU Kota Jakarta Pusat, ada 1.237 TPS. Sedangkan Kemayoran menjadi kecamatan dengan TPS paling banyak, yaitu mencapai 200-an lebih.

Proses seremonial penyortiran dan pelipatan surat suara ini dihadiri Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede dan Wakil Kepala Kepolisian Resor Jakarta Pusat Ajun Komisaris Besar Asep Guntur Rahayu. Dalam kesempatan itu  Asep menegaskan kalau polisi akan memperketat keamanan di sekitar gudang logistik demi menjaga kelancaran proses penyortiran. [dry]


Komentar Pembaca