TVRI Harus Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Pilpres   Rabu, 25 Januari 2017 | 10:08 WIB

TVRI Harus Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih - Kantorberitapemilu.com

TVRI/Net

KBP. Keberadaan Lembaga Penyiaran Publik (LPP), khususnya TVRI dan RRI, sangat penting dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih. Apalagi selama ini, TVRI dan RRI mendapatkan anggaran dari negara.

"Hal itu pun seiiring dengan upaya RUU Penyelenggaraan Pemilu guna meningkatkan partisipasi di masyarakat. Soal target RUU ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Karena kita tidak bisa biarkan partisipasi ini menurun," kata Ketua Pansus RUU Pemilu, Lukman Edy saat mengunjungi Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI di Jakarta (Selasa, 24/1).

Oleh karenanya, ia pun mempertanyakan apakah LPP, dengan sumber daya yang ada siap untuk mampu berupaya meningkatkan partisipasi pemilih.

"Kita tanya apakah LPP ini punya kompetensi untuk mensupport partisipasi publik. Dengan jumlah pemirsa di LPP ini apakah bisa mendukung rencana program RUU itu sendiri untuk dalam rangka meningkatkan partisipasi publik," terangnya.

Politisi PKB ini pun menegaskan bahwa peran LPP ini dalam konteks demokrasi sangat besar, terutama untuk mampu memberikan berita yang lebih proporsioal di tengah maraknya media swasta yang cenderung partisan.

"Kalau ini semua bisa terjawab banyak hal yang bisa ditata. Dan hiruk pikuk yang terjadi dalam pemilu bisa disosialisasikan dan dikampanyekan secara lebih proprosional, dan LPP itu besar peranannya," jelas Lukman. [ysa]


Komentar Pembaca