Rumah Demokrasi Jadi Sarana Pendidikan Politik Di Sukoharjo

Pilpres   Rabu, 25 Januari 2017 | 13:25 WIB

Rumah Demokrasi Jadi Sarana Pendidikan Politik Di Sukoharjo - Kantorberitapemilu.com

Ilustrasi/Net

KBP. Sebagai sarana pendidikan politik, KPU Sukoharjo membangun Rumah Demokrasi. Rumah Demokrasi ini juga menjadi sarana informasi kepemiluan dan demokrasi dalam peningkatan partisipasi pemilih dengan mengedepankan budaya lokal.

"Rumah Demokrasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk lebih paham politik serta nilai-nilai tengtang pemilu," kata Ketua KPU Kabupaten Sukoharjo, Kuswanto.

Di rumah demokrasi ini sejumlah fasilitas pendidikan pemilih mulai dari sejarah pemilu, penyelenggara pemilu, informasi hasil-hasil pemilu dari tahun 1955 s.d 2015 di Kabupaten Sukoharjo serta berbagai informasi perolehan hasil, jumlah pemilih dan TPS. Tidak ketinggalan di Rumah Demokrasi ini juga terdapat perpustakaan mini, maket TPS, ruang simulasi/ diskusi serta ruang audio visual untuk menyajikan pemutaran film dan video tentang kepemiluan.

Waktu kunjungan Rumah Demokrasi setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB dan tanpa dipungut biaya.

Pada tahun 2017, KPU menargetkan pembentukan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di 15 Provinsi dan 273 Kabupaten/Kota. Kabupaten Sukoharjo menjadi wilayah yang pertama kali meresmikan Rumah Pintar Pemilu dengan nama Rumah Demokrasi di tahun 2017. [ysa]


Komentar Pembaca