Pemilu Bukan Hanya Momentum Untuk Memilih

Pilpres   Rabu, 25 Januari 2017 | 14:15 WIB

Pemilu Bukan Hanya Momentum Untuk Memilih - Kantorberitapemilu.com

Juri Ardiantoro/Net

KBP. KPU daerah diharapkan ikut mendorong dan mendukung pembentukan rumah pintar pemilu (RPP) agar masyarakat bisa berdaya lebih baik.

Demikian disampaikan Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro, saat meresmikan meresmikan Rumah Demokrasi di Sukoharjo, Jawa Tengah (Selasa, 24/1).

"Kita ingin pemilu tidak hanya sekedar dipahami sebegai momentum untuk mencoblos atau memilih namun menjadi momentum untuk perbaikan lebih luas. Masyarakat perlu dididik tentang cara memilih yang baik dan RPP bisa menyediakan informasi tersebut" kata Juri.

Di rumah demokrasi ini sejumlah fasilitas pendidikan pemilih mulai dari sejarah pemilu, penyelenggara pemilu, informasi hasil-hasil pemilu dari tahun 1955 s.d 2015 di Kabupaten Sukoharjo serta berbagai informasi perolehan hasil, jumlah pemilih dan TPS. Tidak ketinggalan di Rumah Demokrasi ini juga terdapat perpustakaan mini, maket TPS, ruang simulasi/ diskusi serta ruang audio visual untuk menyajikan pemutaran film dan video tentang kepemiluan.

Waktu kunjungan Rumah Demokrasi setiap hari kerja mulai pukul 08.00 s.d 15.30 WIB dan tanpa dipungut biaya.

Pada tahun 2017, KPU menargetkan pembentukan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di 15 Provinsi dan 273 Kabupaten/Kota. Kabupaten Sukoharjo menjadi wilayah yang pertama kali meresmikan Rumah Pintar Pemilu dengan nama Rumah Demokrasi di tahun 2017. [ysa]


Komentar Pembaca