Kemampuan 36 Calon KPU Sangat Kompetitif

Pilpres   Rabu, 25 Januari 2017 | 15:17 WIB

Kemampuan 36 Calon KPU Sangat Kompetitif - Kantorberitapemilu.com

Ilustrasi/Net

KBP. Sebanyak 36 calon anggota KPU RI yang lolos dan mengikuti seleksi tahap III wawancara memiliki kemampuan yang cukup kompetitif. Hal itu membuat timsel lebih bekerja keras dalam menetapkan 14 dari 36 calon tersebut.

"Rata-rata mereka mempunyai kemampuan yang lebih dan kurang. Tugas kami tentu jadi lebih berat, memilih 14 dari 36," kata Wakil Ketua tim seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) dan Bawaslu RI, Ramlan Surbakti.

Dalam melakukan tes wawancara, sambungnya, timsel mengajukan pertanyaan seputar integritas, independensi dan kepemimpinan.

"Apakah mereka datang ingin mengubah kualitas kinerja KPU atau tidak? Arah pertanyaan kita kesana. Lalu ada juga masukan dari masyarakat, itu juga masuk dalam rangka mengecek integritas, kepemimpinan dan independensi," kata Ramlan.

Hal itu ditegaskan Ramlan pada hari ke-3 seleksi tahap III calon anggota KPU RI yang diikuti oleh sembilan calon. Wawancara yang digelar di Aula gedung F, lantai 3, Kementerian Dalam Negeri, untuk menentukan Anggota KPU RI periode 2017 - 2022.

Ramlan mengaku, sebagaimana dilansir situs KPU, dirinya selalu mengajukan pertanyaan yang mengarah kepada kompetensi dari masing-masing calon. Ia ingin mengetahui, apakah para calon yang mendaftar memahami tugas dan fungsi KPU.

"Mereka (calon anggota KPU RI-red) mendaftar kan ada yang mereka tawarkan. Tentu ada calon yg menonjol di sini dan di sana. Maka apa yang saya bilang, tidak mudah bagi timsel memilih 14 dari 36 calon ini," demikian Ramlan. [ysa]


Komentar Pembaca