Pilgub DKI

Garap Proyek Hitung Cepat, Lembaga Survei Diwajibkan Lapor Sumber Dana

Pilpres   Rabu, 25 Januari 2017 | 21:07 WIB

Garap Proyek Hitung Cepat, Lembaga Survei Diwajibkan Lapor Sumber Dana - Kantorberitapemilu.com


KBP.  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta membeberkan ada 26 lembaga survei yang sudah mendaftar untuk melakukan hitungan cepat atau quick count pada di Pilkada DKI Jakarta 2017.


"Sudah ada lembaga-lembaga survei yang telah mendaftar  untuk melaksanakan hitungan cepat," kata Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno di Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (25/1).

Namun, Sumarno mengatakan ke-26 lembaga survei itu belum semuanya konfirmasi ke KPU untuk melakukan hitungan cepat. Sementara itu menurutnya, pihak KPU tidak melakukan pemilihan atau pemilahan lembaga-lembaga survei tersebut, namun yang terpenting sudah mendaftar ke KPU.

"Iya, KPU tidak melakukan pemilihan atau pemilahan mereka hanya diatur supaya terdaftar di KPU kemudian dua pekan atau paling maksimal 15 hari setelah melakukan survei atau hitungan cepat itu harus melaporkan hasilnya kepada KPU," jelasnya.


Kepada pihaknya, ke- 26 lembaga survei  juga menyampaikan  metodelogi survei, hasilnya dan termasuk sumber dananya. Langkah  lembaga survei melaporkan sumber dananya, menurut dia merupakan bagian dari tranparansi anggaran. Dan yang lebih penting kata dia lagi agar masyarakat Jakarta mengetahuinya, sekalipun  berasal dari pasangan calon.

"Sumber dana harus dilaporkan," ujar Sumarsono lagi.[dry]


Komentar Pembaca