Debat Cagub Papua Barat Sebaiknya Dilaksanakan Di Manokwari

Pilpres   Kamis, 26 Januari 2017 | 19:29 WIB

Debat Cagub Papua Barat Sebaiknya Dilaksanakan Di Manokwari - Kantorberitapemilu.com

Hasto Kristiyanto/Net

KBP. PDI Perjuangan meminta agar debat calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat yang akan digelar 2 Februari mendatang cukup dilaksanakan di Manokwari, Ibukota Provinsi Papua Barat.
 
"Pilkada untuk memilih calon pemimpin untuk Papua Barat. Kami menyarankan kepada KPU dan KPUD Papua Barat agar debat cukup dilaksanakan di Papua Barat. Tidak lagi di Jakarta seperti debat pertama 20 Januari lalu," ujar Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto kepada pers usai konsolidasi pemenangan pilkada gubernur dan wakil gubernur Papua Barat di Sorong, Kamis (26/1).
 
Pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani (akrab disebut DoaMu) bersama pengurus partai dan kader Papua Barat hadir mendengarkan arahan Sekjen PDIP.
 
"Masyarakat Papua Barat tentu ingin menyaksikan debat paslon itu secara langsung di Manokwari. Jadi kenapa harus digelar di Jakarta lagi," tambah Hasto.
 
Calon gubernur Dominggus Mandacan menjelaskan pengalaman dari mengikuti debat pertama yang hampir menyita waktu lima hari.
 
"Kenapa kami berharap debat calon dilakukan di Papua Barat Karena dari sisi waktu sebelum debat sudah harus stand by dua hari di Jakarta. Setelah debat pun untuk kembali ke Papua Barat pun bisa terkendala dengan jadwal penerbangan," jelas Mandacan.
 
Selain itu, cost ke Jakarta cukup tinggi meskipung KPUD Papua Barat menetapkan bisa membawa 50 orang pendukung paslon.
 
"Tapi ternyata karena antuasisme pendukung dan relawan dari seluruh Papua Barat bisa sampai  200 orang dan mereka minta akomodasi dan transportasi ke paslon," ujarnya.
 
Mandacan mengingatkan wilayah Papua Barat ini masih susah dijangkau jadi selayaknya waktu tersisia dipergunakan untuk menemui masyarakat di daerah terpencil. [ysa]


Komentar Pembaca