PBB Mau Penambahan Kursi Di DPR Sesuai Kebutuhan Saja

Pilpres   Jumat, 27 Januari 2017 | 11:38 WIB

PBB Mau Penambahan Kursi Di DPR Sesuai Kebutuhan Saja - Kantorberitapemilu.com

Ilustrasi/Net

KBP. Penambahan kursi di DPR harus berdasarkan kebutuhan riil di daerah. Misalnya, penambahan kursi di daerah pemilihan Kalimantan Utara yang merupakan wilayah pemekaran baru.

"Pada prinsipnya sih kita tidak mempermasalahkan jika ada penambahan kursi di DPR tetapi harus proporsional dan jangan dipaksakan jumlahnya harus 10 atau 15 kursi," kata Ketua Harian DPP Partai Bulan Bintang (PBB), Jamaludin Karim, sebagaimana Kantor Berita Politik RMOL (Jumat, 26/1).

Dengan adanya daerah pemilihan Kaltara, menurut politisi yang akrab disapa Jeka ini, penambahannya cukup 3 kursi saja dan tidak perlu ditambah ke daerah lain yang notabene sudah ada jatah kursi.

"Kan tidak mung­kin juga jatah kursi didaerahKalbar atau Kalteng diambil untuk mengakomodir jumlah kursi di Kaltara," katanya.

Dia yakin dengan penambahan jumlah kursi di Kaltara tidak akan memberikan dampak negatif bagi pelaksanaan serta proses pemilu serentak 2019. Justru, akan memberikan alternatif solusi bagi daerah.

"Karena bagaimanapun Kaltara butuh perwakilan untuk duduk di par­lemen," terangnya.

Terkait anggaran yang dikeluarkan bakal mengalami kenaikan, menurut Jeka, merupakan konsekwensi dari sistem pemilu yang menuntut adanya keter­wakilan.

"Kalaupun ada penam­bahan anggaran saya kira itu hal yang wajar, dan jumlahnya juga tidak terlalu besar jika hanya 3 kursi saja," demikian Jeka. [ysa]


Komentar Pembaca