Ketua MPR Akui Citra DPR Dipimpin Novanto Makin Buruk

Survei Pemilu   Senin, 13 Maret 2017 | 15:35 WIB

Ketua MPR Akui Citra DPR Dipimpin Novanto Makin Buruk - Kantorberitapemilu.com

KBP. MPR mengkritik kinerja Ketua DPR Setya Novanto. Apalagi setelah sejumlah anggota DPR, termasuk Setya Novanto yang ramai diberitakan terlibat dalam skandal mega korupsi  proyek pengadaan E-KTP tahun anggaran 2011-2012. Bahkan, Jaksa Penuntut Umum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai kordinator pembagian uang.

MPR lewat Ketuanya Zulkifli Hasan, tidak menyalahkan kalau selama ini publik mengkritik kinerja DPR yang buruk. Apalagi di bawah kepemimpinan Novanto yang juga Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

"Memang masih bisa lebih jelek dari sekarang?  Kita harus akui citra DPR  paling buruk sekarang ini," kata Zulkifli hasan di gedung DPR, Senin  (13/3).  Dia pun mengacu kepada hasil survei yang menyebut kalau DPR lembaga yang paling buruk.

Tercatat, begitu Novanto menjadi Ketua DPR, gedung DPR sempat riuh rendah dengan kasus Papa Minta Saham yang menyeret namanya. Kasus ini berbuntut  dia menyatakaan mundur dari jabatan tersebut. Ade Komarudin menggantikan Novanto.  Belum genap setahun memimpin  lembaga ini, Novanto kembali menjabat Ketua DPR.

Sebenarnya tak hanya kasus E-KTP nama dia disebut terlibat. Dalam sejumlah kasus korupsi  nama Novanto disebut-sebut. Namun dia selalu lolos dari jerat hukum. Dalam kasus E-KTP pun demikian. Bahkan kabarnya dia menjadi koordinator pembagian uang dari proyek tersebut.  Untuk kasus kali ini, apakah Novanto bisa lolos dari jerat hukum?

Zulkifli Hasan ketika ditanyakan masalah ini tidak mau berkomentar. Bahkan dia tidak mau  menanggapi soal layak atau tidaknya Novanto dipertahankan sebagai Ketua DPR. Dia hanya berkata singkat.

"Kita serahkan kepada KPK, kan saya sesama bus kota,"  kata Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum PAN ini.[dry]


Komentar Pembaca