Midji: Partisipasi Pemilih Pilwakot Pontianak Masih Tinggi

Pilpres   Rabu, 01 November 2017 | 15:25 WIB | LAPORAN: Widian Vebriyanto

Midji: Partisipasi Pemilih Pilwakot Pontianak Masih Tinggi - Kantorberitapemilu.com

KBPRI. Pemilihan Wali Kota Pontianak di prediksi sulit mencapai partisipasi pemilih 90 persen. Banyak warga bekerja di luar Pontianak maupun Kalimantan Barat menjadi alasan.

"Saya perkirakan sekitar 78-80 persen parisipasi pemilij bisa tercapai," kata Wali Kota Pontianak Sutarmidji, dikutip Kantor Berita RMOLKalbar, Rabu (1/11).

Terkait kartu identitas elektronik (KTP-el) sebagai syarat untuk dapat menggunakan hak suara di pilkada, Midji panggilan Sutarmidji menilai hal itu bukanlah sebuah masalah. Sebab hampir seluruh warga yang wajib KTP sudah melakukan perekaman data.

Blankonya pun sudah tersedia. Dirinya memperkirakan paling banyak jumlah pemilih di Kota Pontianak sekitar 490 atau 500 ribu. Dengan ketersediaan blanko, waktu yang tersisa sekitar lima bulan, dalam sehari bisa mencetak 300 KTP-el atau sama dengan 9.000 dalam satu bulan. Berarti masih tersisa 45 ribu yang siap cetak.

"Saya yakin itu bisa dan hindari penggunaan surat keterangan. Kalaupun terpaksa menggunakan surat keterangan maka harus diporporasi untuk mencegah pemalsuan," jelas Midji.

Calon gubernur Kalbar 2018 itu berharap masyarakat berpartisipasi secara maksimal dalam memberikan hak suaranya dalam ajang pilkada. Selain itu, supaya masyarakat cerdas dalam memilih calon pemimpin yang punya integritas baik, berkompetensi, program jelas, terukur serta bisa membawa kesejahteraan. [dzk]

 

 

 

 

 


Komentar Pembaca