Buka Baduy Travel Mart, Iti: Lebak Itu Unik

Politik   Sabtu, 11 November 2017 | 16:55 WIB | LAPORAN: Darmansyah

Buka Baduy Travel Mart, Iti: Lebak Itu Unik - Kantorberitapemilu.com

KBPRI. Baduy Travel Mart 2017 yang digelar Asosiasi Pelaku Parawisata Indonesia (ASPPI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak resmi dibuka Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya di Pendopo Setda Lebak, Banten, Jumat (10/11)

Di hadapan peserta Baduy Travel Mart 2017 yang berasal dari 24 Provinsi Se-Indonesia, Iti mengatakan bahwa Kabupaten Lebak memiliki keunikan dengan segala potensi alam, potensi wisata dan budaya yang menjadikan berbeda dengan kabupaten lain yang ada di Provinsi Banten. 

"Lebak memiliki keunikan tersendiri dibanding Kabupaten lainnya di Provinsi Banten. Kenapa saya katakan demikian, karena kami memiliki Suku Baduy, ada Baduy Luar dan juga Baduy Dalam dan ada adat kasepuhan yang terdiri dari 9 Kasepuhan Banten Kidul yang tiap tahun mengadakan syukuran atas hasil pertanian dan perkebunan dan Seba Baduy yang diselenggarakan tiap tahun juga ada batu kalimaya yang merupakan batu opal terbaik sedunia," ungkap Iti Octavia seperti dikutip RMOLBanten.

Lebih Lanjut Bupati Lebak mengatakan, di tahun-tahun ini, Pemkab Lebak sedang fokus membangun yang satunya di sektor Parawisata dan meningkatkan mutu dan pemasaran produk-produk UKM dengan harapan dapat mendongkrak ekonomi masyarakat sehingga cita-cita menjadikan Kabupaten Lebak sejahtera dapat terwujud.

"Dengan panjang pantai sepanjang 91 Kilometer (Km) banyak kunjungan wisatawan ke daerah pantai Sawarna dan sebetulnya bukan hanya Sawarna saja, masih ada pantai Karang Bokor, Lawang Saketeng, Binuangeun, Pasir Putih dan di tahun sekarang ini dari Sukabumi sudah beralih ke Sawarna untuk berselancar atau surfing dan banyak tempat wisata-wisata lainnya seperti air terjun, arung jeram, kebun teh," papar Bupati Lebak.

Semetara itu, Ketua DPP Asosiasi Pelaku Parawisata Indonesia (ASPPI) Provinsi Banten yang diwakili, Sidiq Tri Hartanto mengatakan, bahwa kesuksesan suatu potensi daerah terletak pada tingkat promosi, SDM dan fasilitas yang memadai. "Mari sama-sama berjuang, karena Pariwisata itu bisa menghidupi kita, dan Saya merasa luar biasa sekali bahwa DPD ASPPI Banten erat sekali dengan pemerintahan," katanya.

Pada kesempatan itu pula, DPD ASPPI Lombok, Sahlan, memberikan masukan kepada Bupati Lebak terkait salah satu potensi wisata unggulan di Lebak yaitu Baduy agar senantiasa dapat menjaga kebersihan di lingkungan Baduy. "Saya berharap kepada para wisatawan yang berkunjung ke baduy untuk tidak meninggalkan sampahnya ketika pulang," katanya

Untuk diketahui, acara Baduy Travel Mart 2017 yang di selenggarakan oleh ASPPI yang bekerjasama dengan Pemkab Lebak diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari 24 provinsi di Indonesia seperti Aceh, Batam, Medan, Bengkulu, Riau Lombok dll dan akan mengunjungi kawasan wisata Suku Baduy selama dua hari. [ian]


Komentar Pembaca