Tekan Angka Kecurangan, Bawaslu Jabar Bentuk Tim Gakkumdu

Pilkada   Senin, 13 November 2017 | 20:54 WIB | LAPORAN: Darmansyah

Tekan Angka Kecurangan, Bawaslu Jabar Bentuk Tim Gakkumdu - Kantorberitapemilu.com

KBPRI. Jelang Pilkada Jawa Barat 2018, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat meluncurkan pembentukan Tim Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Jabar. 

Tim ini merupakan forum yang terdiri dari unsur Bawaslu RI, Kepolisian dan Kejaksaan yang bertugas menangani tindak pidana pemilu.

"Ya tim nya dari Kepolisian, Kejaksaan, dan Bawaslu," ujar Ketua Bawaslu Jabar, Harminus Koto di Hotel Bidakara Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Bandung, Senin (13/11).

Menurutnya, Tim Gakkumdu nantinya diharapkan mampu menekan angka kecurangan dalam pilkada Jabar 2018, serta terciptanya sinergitas antara Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan dalam penanganan tindak pidana pemilu.

"Kita sudah keluarkan SK bersama antara Bawaslu, Kepolisian, Kejaksaan untuk mengawal pemilihan kepala daerah," ungkapnya seperti diberitakan RMOLJabar.

Setelah diluncurkan, kata Harminus, Tim Sentra Gakkumdu akan langsung bekerja, mengingat rawannya pelanggaran Pilkada mulai dari tahapan pencalonan.

"Ya ini kita sudah launching dan kita sudah bisa bekerja, karena di dalam sub tahapan-tahapan itu ada saja pelanggaran pemilu, seluruh tahapan itu rawan," pungkasnya. [ian] 


Komentar Pembaca