Militer Turki Tetap Kawal Qatar

Internasional   Kamis, 16 November 2017 | 18:02 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Militer Turki Tetap Kawal Qatar - Kantorberitapemilu.com

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoga/Net

KBPRI. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersumpah untuk melanjutkan dukungan militer untuk Qatar di tengah krisis politik yang sedang berlangsung dengan sebuah blok yang dipimpin Saudi.

Janji Erdogan tersebut disampaikannya saat berkunjung ke Doha. Negara yang sama dimana dia juga menawarkan kesiapan sektor swasta negaranya untuk membantu Qatar dalam proyek multi-miliar dolar untuk Piala Dunia 2022. 

"Erdogan menekankan dukungan terus Turki ke negara Qatar di berbagai bidang, terutama di bidang industri dan militer," kata laporan tersebut seperti dimuat Press TV. 

Selama kunjungannya, Erdogan juga bertemu dengan Emir Sheikh Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dan keduanya menandatangani beberapa perjanjian keuangan, pariwisata dan penelitian.

Sebelum tiba di Doha, Erdogan berada di Kuwait untuk membahas perkembangan regional dan internasional serta hubungan bilateral antara Turki dan negara-negara Teluk Persia.

Menjelang perjalanan, dia mengatakan akan menangani masalah krisis diplomatik dengan para pejabat di Kuwait.

Baik Turki dan Kuwait telah memainkan peran mediasi antara Qatar dan blok yang dipimpin Saudi. Turki memiliki pangkalan militer di Qatar, yang menurut Ankara menampung sekitar 3.000 tentara.

Turki mengambil sisi Qatar setelah Arab Saudi, Bahrain, Mesir, dan Uni Emirat Arab memutuskan hubungan diplomatik mereka dan menjalin hubungan dengan emirat pada 5 Juni lalu karena menuduhnya memberikan dukungan teror. Doha menolak klaim tersebut. [tsr]


Komentar Pembaca