Maruarar: Mahasiswa Harus Pandai Membaca Peluang

Nasional   Minggu, 26 November 2017 | 10:03 WIB | LAPORAN: Darmansyah

Maruarar: Mahasiswa Harus Pandai Membaca Peluang - Kantorberitapemilu.com

KBPRI. Mahasiswa harus terus mengasah diri sehingga pintar membaca peluang. Kepandaian membaca peluang akan membentuk jiwa kewirausahaan.

Demikian disampaikan Politikus muda PDI Perjuangan Maruarar Sirait di depan ratusan mahasiswa Univeritas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara dalam diskusi publik bertema Pancasila, Generasi Muda dan Ekonomi Kreatif di GOR UIN Sumut, Medan, Sabtu (25/11). 

Menurut Ara (panggilan akrab), kiprahnya saat ini di bisnis tak terlepas dari kerja keras dan menggembleng diri sejak dini.

Anggota Komisi XI DPR yang juga ketua umum Taruna Merah Putih (TMP) itu sudah memulai usaha kecil-kecilan saat masih duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA). 

Minatnnya pada kewirausahaan juga berlanjut saat Ara berkuliah di Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung.

"Sejak kelas dua SMA saya sudah menjadi pengusaha kecil-kecilan. Saya berjualan bawang dan ayam. Dan pada saat kuliah saya juga bisnis kafe kecil-kecilan di Bandung," tuturnya.

Selain Ara, sejumlah narasumber juga menjadi pembicara dalam diskusi itu. Antara lain Yanes David Sidabutar yang juga pendiri Sopo Helios & Toba Odyssey, Ketua Pusat Kajian Kepemudaan dan Kewirausahaan FISIP Universitas Sumatera Utara (USU) Faisal Andi Mahrawa, serta pengusaha muda Anggi R Lubis.

Selain mengajak mahasiswa menempa diri dengan kewirausahaan, Ara juga mengingatkan akan pentingnya berpikir visioner. Sebab, berpikir visioner berarti berpandangan jauh tentang masa depan.

"Pemuda jangan berpikir kalau ada masalah. Tapi berpikir jauh ke depan untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang tidak diharapkan," katanya. [dzk/jpnn]


Komentar Pembaca