Pilbup Lahat 2018

Satu Paslon Independen Pilbup Lahat Tidak Lolos Verifikasi

Pilkada   Sabtu, 09 Desember 2017 | 14:14 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Satu Paslon Independen Pilbup Lahat Tidak Lolos Verifikasi - Kantorberitapemilu.com

KBPRI. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat menyatakan satu dari empat pasangan bakal calon perseorangan atau independen dinyatakan tidak lulus verifikasi awal. Alasanya, karena tidak mencapai jumlah dukungan minimal fotokopi KTP elektronik (KTP-el). 

Pasangan yang tak lulus verifikasi awal tersebut adalah pasangan Zulkarnain dan Samiri. Sedangkan, tiga paslon lain yakni Purnawarman Kias - Rozi Ardiansyah, pasangan Hapit Padli - Erlansyah Rumsyah, dan pasangan Dodo Arman - Sutrisno dinyatakan lulus verifikasi awal dari syarat dukungan fotokopi KTP-el. 

Ketua KPU Kabupaten Lahat, Samsurizal Nusir mengemukakan penjelasannya pada jumpa pers, Jumat (8/12). Ketiga paslon yang lulus verifikasi awal KPU melalui syarat dukungan tersebut, terangnya, telah memiliki dukungan melalui fotokopi KTP-el sudah di atas persyaratan minimal.

Dia menguraikan, untuk paslon Purnawarman-Rozi, jumlah copy KTP yang diserahkan kepada KPU sebanyak 30.136 dari sebarannya pada 22 kecamatan di Kabupaten Lahat. Begitu pula dengan pasangan Hapit Padli-Erlansyah jumlah fotokopi KTP-el sebanyak 26.031 dengan sebaran di 22  kecamatan.

Sedangkan paslon Dodo-Sutrisno, jumlah dukungan dari fotokopi KTP-el sebanyak 26.919 dengan sebaran di 22 Kecamatan. 

Sementara itu, paslon Zulkarnain-Samiri memiliki jumlah dukungan fotokopi KTP-el hanya 24.909 dari 50 persen sebaran di kecamatan. Artinya, di bawah syarat dukungan minimal yang telah tentukan.

Untuk ketiga paslon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan yang lulus verifikasi awal tersebut, akan melanjutkan syarat verifikasi faktual.

"Bagi paslon yang lulus verifikasi awal dan dinyatakan sudah memenuhi syarat, dapat mengikuti verifikasi selanjutnya, serta akan kami berikan surat keputusan dan tanda terima. Sedangkan bagi paslon yang tidak memenuhi syarat dukungan untuk surat keputusan dan tanda terima tidak akan kami berikan, serta berkasnya kita kembalikan," pungkasnya. [tsr]


Komentar Pembaca