Pasha Dicibir Warganet, Dibela Partai Pengusung

Berambut Cepak Dan Berkuncir

Artis Politik   Selasa, 23 Januari 2018 | 10:16 WIB | LAPORAN: HARIAN RAKYAT MERDEKA

Pasha Dicibir Warganet, Dibela Partai Pengusung - Kantorberitapemilu.com

Foto/Net

KBPRI Sigit Purnomo Said atau yang beken dipanggil Pasha Ungu, kini Wakil Walikota Palu kembali menuai kritik. Terbaru, gaya rambut Pasha yang berbeda dengan pejabat lainnya. Kader PAN ini dianggap tak bisa men­empatkan diri sebagai pejabat publik.

 Bila umumnya kepala daerah berpenampilan rapi dengan rambut yang konven­sional, tidak dengan Pasha. Melalui foto yang beredar luas di medsos, gaya rambut vokalis Band Ungu ini cukup nyentrik.

Meskipun dalam foto tersebut Pasha memakai seragam dinas PNS berwarna coklat. Namun penilaian warganet justru fokus pada gaya rambut Pasa dengan model skin fade dan di kuncir.

Gaya nyentrik Pasha ini menuai reaksi pro dan kontra dari warga dunia maya. Ada yang mendukung, tapi tidak sedikit yang melemparkan kritik pedas.

"Kepala daerah kok gaya rambutnya kayak preman pasar.. kepala daerah itu termasuk simbol/duta daerah tsb bukan sih?" kritik akun @takauno4u.

"Tolong pak @tjahjo_kumolo dan @ Kemendagri_RI tegur penampilan seperti ini. Kalau masih ingin menonjolkan pe­nampilan yang keren dan up to date mend­ing balik lagi jadi artis dan berhenti jadi pejabat publik," cuit akun @benny_ibra.

"Kalau masih merasa penyanyi jangan jadi pejabat publik dong," semprot akun @mgalmantro78.

"Hhmm... Iya harus nya pejabat publik sopan & santun. Memberikan contoh yang sepantasnya kepada masyarakat. Bedakanlah mana panggung pemerintahan sama panggung kesenian," kicau akun @daengbaso93.

"Terlepas istilah don't judge a book by its cover. Sebagai pejabat publik tentu ada etika berpakaian yang sepantasnya mengi­kuti aturan. Kalau staffnya penampilannya gitu juga apa boleh? Ini panggung pemer­intahan bukan panggung pentas seni....." cuit akun @tamvanminimal.

"Jadilah contoh yang baik, apalagi publik figur selalu bisa menyesuaikan itu lebih baik. Karena yang melihat tidak hanya orang dewasa saja. Anak-anak akan mempunyai pandangan yang berbeda, terlepas dari kinerja yg sudah diberikan..." kicau akun @justyenina.

"@Kemendagri_RI, tolong tanyain hasil kerjanya @Pasha_SPS1 sama selangitnya nggak dengan gayanya?" tanya akun @JoeyDeBarber.

Namun Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku tidak masalah dengan penampilan nyentik Pasha. "Foto yang beredar tidak menyalahi Undang-Undang atau peraturan. Seragam sudah benar, potongan rambut wajar. Mau cepak, mau gundul sah-saja, yang diatur tidak boleh gondrong, panjang,"  tutur Tjahjo.

Tapi pendapat Mendagri ini justru ber­beda dengan anak buahnya. Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Arief M. Edie. Kata dia, gaya rambut Pasha kurang etis. Dia menyebut Bab II UU No 5 Tahun 2014 tentang asas, prinsip, nilai dasar, serta kode etik sebagai dasar penampilan pejabat publik.

"Ada poin kata etika dan santun dalam pasal tersebut. Mengenai rambut, rapi dan sopan. Penggunaan kuncir atau cukur gundul menu­rut saya tidak rapi," ucap Arief M. Edie.

"Dikiranya masih jadi penyanyi makan­ya bisa aneh-aneh seenaknya. Kalai jadi pejabat pemerintah ya ikuti aturan pemerintah," kata akun @Jollygoodbean1.

"Seorang pemimpin jadi suri teladan. Gimana dengan siswa SD yang diharuskan oleh gurunya berpenampilan rapi termasuk poton­gan rambutnya. Nanti siswa jawab : ikut gaya pak pasha," resah akun @nurcahyo_bowo.

Partai Amanat Nasional (PAN) selaku partai pengusung Pasha tidak terima bila penampilan kadernya dianggap melanggar. Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan, persoalan gaya rambut tidak melanggar peraturan. "Ya buat aturan aja, misalkan nggak boleh rambut palsu, nggak boleh botaknya di mana, nggak boleh dicat. Dibuat aja, nanti kita bahas di Komisi II," ujar Yandri.

Sekadar informasi, Sigit Purnomo alias Pasha 'Ungu' terpilih menjadi Wakil Walikota Palu mendampingi Walikota Palu Hidayat dari tahun 2016 silam. Namun selama menjabat, berbagai pro dan kontra pernah melanda karir politik Pasha. Misalnya salah saat menjadi pemimpin upacara, hingga sewa rumah dinas yang tinggi dari dana APBD. ***
 


Komentar Pembaca

Ahmad Dhani Sarankan Habib Rizieq Jangan Pu..

Selasa, 13 Maret 2018 | 11:05

Ingin Majukan Daerah Cilacap Alasan Vicky S..

Rabu, 28 Februari 2018 | 13:34

Jika Ditawar Paslon, Nirzani Mirzani Bakal ..

Sabtu, 03 Februari 2018 | 13:49

KD: Gaji Wartawan Sudah Naik Belum?..

Rabu, 17 Januari 2018 | 02:34

Hengky Kurniawan Bakal Ajak Rekan Artis Kam..

Senin, 15 Januari 2018 | 11:14

Komedian Dicky Candra Khawatir Dengan Lawak..

Minggu, 14 Januari 2018 | 10:10