Elektabilitas Gatot Paling Tinggi Sebagai Cawapres

Survei Pemilu   Minggu, 15 April 2018 | 13:08 WIB | LAPORAN: Wahyu Sabda Kuncahyo

Elektabilitas Gatot Paling Tinggi Sebagai Cawapres - Kantorberitapemilu.com

Survei/Net

KBPRI. Elektabilitas mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo terlihat paling tinggi dibandingkan nama-nama lain seperti Muhaimin Iskandar dan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai kandidat wakil presiden.

Penelitian terbaru Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedaikopi) mencatat, masyarakat yang memilih Gatot sebanyak 17,5 persen. Diikuti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 8,7 persen, Anies Baswedan 8,6 persen, TGB Zainul Majdi 5,7 persen, Abraham Samad 4,1 persen, Tito Karnavian 3,9 persen, Muhaimin Iskandar 1,7 persen, dan Rizal Ramli 1,1 persen.

Menurut Direktur Kedaikopi Vivi Zabkie, saat publik diajukan pertanyaan terbuka yakni bila pemilihan presiden dilakukan hari ini siapa yang akan anda pilih sebagai wakil presiden, sebanyak 4,6 persen responden menyebut nama Gatot. Nama lain yang menempati top of mind sebagai calon wapres adalah TGB Zainul Majdi 4,4 persen dan AHY 4,3 persen .

"Ini adalah tiga nama teratas yang dipikirkan masyarakat sebagai calon walaupun sebagian besar masyarakat belum memutuskan soal calon wakil presiden ini 53,5 persen," jelasnya kepada redaksi, Minggu (15/4).

Vivi mengatakan, lewat survei, masyarakat setuju jika calon presiden setidaknya memiliki lima karakter yakni kompeten, jujur serta dapat dipercaya, perhatian terhadap rakyat, santun dan religius.

"Dengan melihat karakter ini ada sejumlah nama yang dianggap mewakili, selain Jokowi, Prabowo dan Gatot, maka TGB Zainul Majdi masuk dalam kriteria ini," ujarnya.

Rata-rata dari lima karakter itu, Joko Widodo (Jokowi) selalu menempati ranking pertama, kecuali kriteria religius yang predikatnya diberikan kepada Gubernur NTB TGB Zainul Majdi.

Survei sendiri dilakukan terhadap 1.135 responden di 34 provinsi dengan tingkat kesalahan (margin of error) plus minus 2,97 persen pada interval kepercayaan 95,0 persen. Responden adalah calon pemilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling dan diwawancarai secara tatap muka. [wah]


Komentar Pembaca