PILGUB JABAR 2018

Hasil Survei LSI Dua DM dan Rindu Elektabilitasnya Paling Tinggi

Survei Pemilu   Senin, 16 April 2018 | 08:17 WIB | LAPORAN: Hendry Ginting

Hasil Survei LSI Dua DM dan Rindu Elektabilitasnya Paling Tinggi - Kantorberitapemilu.com

Pasangan Rindu dan Dua DM/Net

KBPRI. Dua pasangan calon yakni pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Dua DM) dan pasangan Ridwal Kamil-UU Ruzhanul Ulum (Rindu) memiliki elektabilitas paling tinggi ketimbang pasangan calon lainnya yang bertarung pada Pilkada Jawa Barat.

Berdasarkan hasil survei terbaru yang dirilis Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) tentang preferensi pemilih dalam Pilkada Jawa Barat, Dua DM memiliki elektabilitas sebesar 43,2 persen dan pasangan Rindu 39,3 persen.

Elektabilitas kedua pasangan itu jauh di atas dua pasangan lain, yakni pasangan Sudrajat?"Syaikhu (Asyik) yang hanya memiliki elektabilitas 4,2 persen dan pasangan Tubagus Hasanudin-Anton Charliyan (Hasanah) dengan 4,1 persen.
 
"Dengan waktu yang tersisa kurang lebih dua bulan, peluang lebih terbuka untuk dua pasangan, Dua DM dan Rindu. Rasanya sulit bagi dua pasangan lainnya, Asyik dan Hasanah untuk memenangkan pertarungan ini," ujar Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Toto Izul Fatah seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Senin  (16/4).
 
Sekalipun ada tsunami politik yang menyerang pasangan Duo DM maupun Rindu, pasangan Asyik dan Hasanah tidak serta merta terdongkrak. Sebab, jika terkena kejadian luar biasa pada Dua DM atau Rindu, limpahan suara tidak akan bermigrasi ke Asyik dan Hasanah.

"Karena dalam simulasi pilihan calon alternatif, pemilih pasangan Rindu sekitar 61,1 persen mengaku akan beralih ke Dua DM. Begitu juga sebaliknya, pilihan alternatif pemilih Dua DM, sekitar 46,7 persen mengaku akan memilih Rindu. Sekali lagi, itu jika terjadi tsunami politik," sambung Toto.

Survei ini dilakukan pada 21 hingga 29 Maret 2018 dengan menggunakan metode standard multi stage random sampling, dimana seluruh pemilih Jawa Barat dipilih secara random. Jumlah responden 440, dengan margin of error sebesar 4,8 persen. [dry]


Komentar Pembaca