Pemilu 2019

Survei: Elektabilitas Gatot Tempel Jokowi dan Prabowo

Survei Pemilu   Senin, 16 April 2018 | 16:01 WIB | LAPORAN: Idham Adhari

Survei: Elektabilitas Gatot Tempel Jokowi dan Prabowo - Kantorberitapemilu.com

Joko Widodo, Prabowo Subianto dan Gatot Nurmantyo/Net

KBPRI. Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo berada di posisi ketiga setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Peringkat tersebut dirilis lembaga survei Media Nasional (Median) terkait hasil survei terbaru mereka.

Teknisnya, Gatot memiliki tingkat elektabilitas (keterpilihan) sebesar 7,0 persen. Bahkan, posisi tersebut berada di atas Jusuf Kalla yang hanya memperoleh 4,3 persen, Anies Baswedan 2,0 persen dan Muhaimin Iskandar dengan 1,9 persen.

Dalam survei yang dilakukan sejak 24 Maret hingga 6 April 2018 itu, Jokowi masih unggul dengan perolehan 36,2 persen. Kemudian, diikuti Prabowo dengan perolehan 20,4 persen.

Kendati demikian, elektabilitas Gatot mengalami kenaikan 1,5 persen dari 5,5 di bulan Februari menjadi 7,0 persen di bulan April ini.

"Gatot mengalahkan Jokowi yang hanya naik 1,2 persen," kata Direktur Riset Median Sudarto dalam paparanya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/4).

Adapun populasi survei dilakukan kepada seluruh warga yang memiliki hak pilih dengan sampel 1.200 reseponden. Survei menggunakan metode multistage random sampling pada margin of eror survei sebesar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. [tsr]


Komentar Pembaca