Waduh, Kok Bisa PPP Disebut Partai Paling Dekat Umat Islam

Survei Pemilu   Jumat, 20 April 2018 | 11:20 WIB | LAPORAN: Ruslan Tambak

Waduh, Kok Bisa PPP Disebut Partai Paling Dekat Umat Islam - Kantorberitapemilu.com

Ilustrasi

KBPRI. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi partai yang paling dekat dengan umat Islam ketimbang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Demikian salah satu poin dari hasil survei terbaru dari Cyrus Network yang dirilis baru-baru ini.
Sebanyak 28,3 persen responden memilih PPP.  Sedangkan 27,7 persen memilih PKB dan dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 12 persen.

Yang mengejutkan, PDI Perjuangan yang selama ini dikenal sebagai partai nasionalis dipilih 3,1 persen responden sebagai partai yang dekat dengan umat Islam. PDIP bahkan mengalahkan Partai Bulan Bintang (PBB) 2,4 persen dan Partai Amanat Nasional (PAN) 2,2 persen.

Data ini menunjukkan bahwa PPP masih menempati tempat khusus di hati umat Islam. PPP selama ini memang dikenal sebagai partai Islam pertama yang masih bertarung di pemilu. Partai dengan lambang Ka'bah itu juga menjadi satu-satunya partai yang masih berasaskan Islam.

Survei Cyrus Network dilakukan pada 27 Maret hingga 3 April di 34 privinsi seluruh Indonesia. Jumlah responden sebanyak 1.230 orang dengan prosentase berimbang antara laki-laki dan perempuan yaitu masing-masing 50 persen. Tingkat keyakinan sebesar 95 persen dengan margin error 3 persen.

Dalam survei bertajuk 'Pemetaan Pelung Capres dan Cawapres Menjelang Pemilihan Presiden 2019' ini juga disebutkan bahwa Joko Widodo tetap mempunyai elektabilitas teratas dengan 58,5 persen saat survei top of mind. Jauh meninggal Prabowo Subianto yang hanya mendapatkan 21,8 persen.

Sementara saat simulasi lima nama, elektabilitas Jokowi mencapai 60,3 persen. Meninggalkan Prabowo (24,1 persen), Gatot Nurmantyo (4,6 persen), Anies Baswedan (3 persen) dan Jusuf Kalla (2,3 persen). [dry]
 


Komentar Pembaca