Pemilu 2019

Survei: AHY Layak Dampingi Jokowi Atau Prabowo

Analisis   Sabtu, 12 Mei 2018 | 04:15 WIB | LAPORAN: Samrut Lelosima

Survei: AHY Layak Dampingi Jokowi Atau Prabowo - Kantorberitapemilu.com

Agus Harimurti Yudhoyono/Net

KBPRI. Figur Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang dianggap tepat mendampingi petahana, Joko Widodo (Jokowi) atau Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Pilpres 2019, masih misteri.

Roda Tiga Konsultan (RTK) mencoba mensurvei respondennya untuk mencari tahu siapa sosok paling tepat untuk menjadi pendamping dua kandiadat Capres yang berpotensi "rematch" tersebut.

Hasilnya, politisi Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) unggul dibandingkan kandidat lain. Sebanyak 70,8 persen responden memilih ketua Kogasma Partai Demokrat itu sebagai Cawapres Jokowi, dan 70 persen sebagai Cawapres Prabowo.

Deputi Media dan Humas Kogasma, Putu Supadma Rudana mengatakan, survei tersebut membuktikan bahwa generasi milenial membutuhkan figur pemimpin muda untuk bangsa ini. Namun dia berharap para pendukung AHY tidak terlalu cepat jumawa.

"Mari kita jangan terlalu cepat puas akan hasil survei tersebut, karena perjalanan merebut hati rakyat masih panjang. Marilah saat ini kita tetap fokus bekerja, menyapa masyarakat, menyerap aspirasi, peduli dan terus berikan Solusi bagi masyarakat. Capres atau Cawapres semua tergantung keinginan rakya," jelas Putu dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/5).

Menurut dia, tingginya hasil survei karena AHY selama ini terus hadir di tengah-tengah berbagai kalangan untuk menyapa dan berdialog. Putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, kata dia saat berkunjung ke daerah juga selalu menyapa langsung warga, ulama, santri, komunitas, buruh, perempuan, mahasiswa, mahasiswi, pengusaha, pedagang, nelayan, generasi milenial, kader dan tokoh-tokoh daerah.

"Kunjungan AHY Menyapa Indonesia terdahulu sudah dilakukan di kampus-kampus dan juga dalam kegiatan jalan sehat ataupun olahraga bersama dengan 'AHY the Future Leader' maupun The Yudhoyono Institute. Kini, AHY sebagai Komandan Kogasma terus tanpa lelah melakukan safari politik menyapa masyarakat dari hati ke hati ke berbagai daerah di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Sulawesi Tenggara, hingga yang terbaru nanti akan ke Lampung pada 12 - 13 mei 2018. Kemanapun AHY datang selalu disambut secara antusias oleh warga," papar Putu.

Dalam survei oleh lembaga yang dipimpin Direktur Riset RTK, Rikola Fedri itu, AHY unggul. Dimana pada pertanyaan top of mind, dia dipilih oleh 8,5 persen responden. Saat responden diberi pilihan nama, AHY juga unggul dengan 18 persen memilihnya.

"Kemudian Gatot dengan persentase 14. Lalu ada Muhaimin Iskandar, Sri Mulyani, dan lain-lain," imbuh Rikola Fedri.

Tak jauh beda, Survei Indikator Politik Indonesia juga mengunggulkan AHY untuk mendampingi Jokowi di pilpres. Dia unggul saat dilakukan simulas semi terbuka dengan pertanyaan "Siapa yang pantas menjadi wakil presiden Jokowi bila ia kembali maju sebagai capres." Berdasarkan simulasi 19 nama, AHY dipilih 16,3 persen responden.

Survei yang berlangsung dari tanggal 21 April hingga 2 Mei 2018 ini melibatkan 1.610 orang responden. Margin of error plus-minus 2,5 persen. Adapun mayoritas responden berusia 22-30 tahun dan tingkat pendapatan Rp 1-3 juta. [tsr]


Komentar Pembaca