Kedutaan AS Pindah ke Yerusalem, Trump Sejajar Raja Cyrus

Internasional   Selasa, 15 Mei 2018 | 00:00 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Kedutaan AS Pindah ke Yerusalem, Trump Sejajar Raja Cyrus - Kantorberitapemilu.com

Koin Donald Trump/Net

KBPRI. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump disejajarkan oleh Raja Cyrus. Pemimpin lawas yang membawa orang Yahudi kembali ke Yerusalem dari pengasingan 2.500 tahun lalu.

Upaya tersebut terealisasi berkat upaya sebuah organisasi nonprofit di Israel melalui cetakan koin khusus. Terutama untuk memperingati momen bersejarah terkait pemindahan kedutaan Amerika ke Yerusalem.

Pusat Pendidikan Mikdash mencetak Koin Kuil secara terbatas sebanyak 1.000 keping dalam rangka memperingati 70 tahun berdirinya Israel sekaligus penghormatan kepada Presiden AS Donald Trump.

"Presiden Trump telah memulai proses yang telah diramalkan dengan memindahkan Kedutaan Besar Amerika ke Yerusalem."

"Sama seperti Raja Cyrus pada 2.500 tahun lalu yang mengatakan mendapat tugas untuk membangun rumah di Yerusalem. Di sini sekali lagi, Presiden Trump membangun sebuah rumah di Yerusalem," tulis organisasi itu dalam sebuah pernyataan.

Koin berdiameter dua inci tersebut terbuat dari timah dan dilapisi emas. Koin tersebut akan dijual seharga 70 dollar AS (sekitar Rp 980.000).

"Desain ukiran yang indah mengumumkan deklarasi Trump-Balfour-Cyrus untuk menunjukkan bahwa kita merupakan bagian dari proses yang luar biasa dan bersejarah menuju pengakuan umat manusia atas peran Yerusalem," tambah pernyataan itu.

Meski tak dapat digunakan sebagai alat pembayaran, koin tersebut bisa menjadi kenang-kenangan yang berharga berkaitan dengan pemindahan kedutaan besar AS di Yerusalem.

Selain koin kuil tersebut, sebelumnya Pusat Pendidikan Mikdash juga telah mecetak 1.000 keping koin serupa berlapis perak yang seharga 50 dollar (sekitar Rp 690.000). [tsr]


Komentar Pembaca