Sucikan Ramadhan, Bawaslu dan Ormas Islam Imbau Pilkada Bersih

Pilkada   Selasa, 15 Mei 2018 | 13:24 WIB | LAPORAN: Wahyu Sabda Kuncahyo

Sucikan Ramadhan, Bawaslu dan Ormas Islam Imbau Pilkada Bersih   - Kantorberitapemilu.com

Pemungutan Suara/Net

KBPRI. Badan Pengawas Pemilu bersama sejumlah ormas Islam menyerukan pilkada bersih. Dalam rangka menjaga kesucian Ramadhan.

"Memasuki Ramadhan kami organisasi Islam ingin menjaga kesucian Ramadhan dari kampanye di tempat ibadah dan politik uang. Kami membuat gerakan pilkada bersih," jelas perwakilan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bunyan Saptomo dalam jumpa pers di Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (15/5).

Menurutnya, Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum sudah menetapkan aturan mengenai kampanye. Di mana, saat kampanye dilarang memberikan atau menjanjikan uang, SARA hingga penggunaan fasilitas dan anggaran pemerintah.

Namun, aturan tersebut, tidak menjamin proses kampanye bebas dari pelanggaran. Karena itu, Bawaslu dan ormas mengimbau agar pihak-pihak terkait dapat mematuhi aturan tersebut.

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menambahkan bahwa tokoh agama menjadi bagian penting dalam masyarakat.

"Dengan harapan melibatkan banyak tokoh agama cara penyampaian bisa lebih baik, lebih diterima. Kami sangat yakin tokoh agama masih jadi orang penting yang didengarkan," katanya.

Adapun, ormas yang mendeklarasikan gerakan pilkada bersih diantaranya Muslimat Nahdlatul Ulama, Majelis Ulama Indonesia, Persatuan Islam, Lembaga Hikmah Kebijakan Publik PP Muhammadiyah, Badan Amil Zakat Nasional, dan Aisyiyah. [wah]


Komentar Pembaca