Gerindra Tunggu PKB Soal Pengganti Ki Enthus

Pilkada   Selasa, 15 Mei 2018 | 15:17 WIB | LAPORAN: Wahyu Sabda Kuncahyo

Gerindra Tunggu PKB Soal Pengganti Ki Enthus - Kantorberitapemilu.com

Pilkada/Net

KBPRI. Partai Gerindra mengaku masih menunggu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mencari pengganti Ki Enthus Susmono, petahana bupati Tegal yang meninggal dunia akibat serangan jantung.   

Pada Pilkada Kabupaten Tegal 2018, Ki Enthus bersama pasangannya Umi Azizah diusung PKB serta didukung Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Hanura.

Menurut Sekretaris DPD Gerindra Jawa Tengah Sriyanto Saputro, posisi partainya yang sebagai pendukung tidak bisa langsung mengajukan nama.

"Sekarang bola ada di PKB, apakah wakilnya mau diisi internal PKB atau bersama koalisi. Gerindra siap berkoalisi untuk ajukan calon meski hitam di atas putihnya hanya pendukung," jelasnya kepada wartawan, Selasa (15/5).
 
Sriyanto menjelaskan, sikap politik Gerindra saat ini menunggu perkembangan lebih lanjut dan akan meminta arahan dari DPP. Selama ini, PKB, bersama Gerindra dan parpol pengusung lain terus menjalin komunikasi untuk pemenangan Enthus-Umi.

"Akan ideal jika wakil dari Gerindra, sehingga representasi nasional religius terwakili," imbuhnya.

Untuk diketahui, UU 10/2016 dan Peraturan KPU 3/2017 menyebut jika dalam waktu 30 hari menjelang pemungutan suara salah satu calon berhalangan tetap (meninggal) maka parpol atau gabungan parpol bisa mengusung calon pengganti. Penunjukkan pengganti dibatasi dalam tempo tujuh hari. [wah]  


Komentar Pembaca