Belum Gajian, Pegawai Dispar Pandeglang Terancam Tak Bayar Listrik

Nasional   Kamis, 17 Mei 2018 | 00:31 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Belum Gajian, Pegawai Dispar Pandeglang Terancam Tak Bayar Listrik - Kantorberitapemilu.com

Ilustrasi ASN/Net

KBPRI. Memasuki pekan ketiga bulan Mei, seluruh pegawai di Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pandeglang, Banten masih belum menerima gaji. Mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Kerja Sukarela (TKS) hingga honorer.

Meski keterlambatan gaji bukan kali pertama, namun keterlambatan kali ini dinilai paling lama. Sebab biasanya keterlambatan pembayaran gaji tidak lebih dari tanggal lima setiap bulannya.

"Hampir tiap bulan pegawai di Dispar terlambat menerima gaji. Untuk bulan ini karena pengesahan APBD hasil pergesaran. Jadi belum keluar. Namun biasanya pembayaran gaji terlambat karena rekon aset yang belum selesai," ungkap salah seorang ASN di Dispar Pandeglang yang identitasnya minta tidak ditulis, Rabu (15/5).

Menurutnya, keterlambatan gaji bulan ini tentunya berdampak terhadap keuangan para pegawai. Sebab, jika biasanya menerima gaji rutin sesuai jadwal, maka pengeluaran rutin pun bisa ditutupi.

"Kasihan yang punya cicilan, biaya anak sekolah, tagihan listrik, telepon dan lainnya, pasti terganggu akibat gaji yang belum turun. Kemungkinan gaji telat ini tidak hanya dialami ASN, tetapi juga TKS dan honorer," kata sumber tadi.

Dirinya berharap, masalah keterlambatan gaji ini bisa segera teratasi. Karena jika tidak segera diselesaikan, khawatir akan mengganggu kinerja pegawai.

Sementara Kepala Dispar Kabupaten Pandeglang, Salman Sunardi memastikan Rabu (16/4) seluruh pegawainya sudah menerima gaji. "Alhamdulillah hari ini sudah gajian," ungkap Salman.

Ia menjelaskan, keterlambatan itu karena adanya pergeseran angkas, bukan karena rekon aset. Kata dia, pegawai yang ASN ada 30 orang, di luar TKS dan honorer. [tsr]


Komentar Pembaca