PERANG LAWAN TERORIS

Prabowo Subianto Dorong Siskamling Ditingkatkan

Nasional   Kamis, 17 Mei 2018 | 09:27 WIB | LAPORAN: Hendry Ginting

Prabowo Subianto Dorong Siskamling Ditingkatkan - Kantorberitapemilu.com

Prabowo Subianto/net

KBPRI. Aksi  bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya membangkitkan kembali pola pengamanan kampung yang pernah diterapkan selama Orde Baru berkuasa. Pola itu dikenal sebagai Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Ketua Umum Partai Gerindra Pabowo Subianto melihat siskamling efektif untuk mempersempit ruang gerak jaringan teroris yang  berbaur dengan masyarakat.

Menurutnya Siskamling merupakan sistem keamanan khas Indonesia. Siskamling juga wujud dari rasa gotong-royong.

"Ini sistem keamanan khas Indonesia, kita perlu peran RT, RW, Lurah untuk menjaga keamanan kita," kata Prabowo Subianto seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (17/5).

Lebih lanjut, Prabowo menilai di era orde baru, Siskamling berjalan secara terstruktur dan sistematis. Hal ini membuat keamanan di masa itu relatif cukup baik.

Menurutnya upaya pencegahan dini seperti itu sangat efektif untuk menanggulangi terorisme. Bahkan saat berkunjung ke Swis, negara di eropa itu juga mempraktekkan Siskamling.

"Bukan untuk ngintelin tetangga tapi untuk waspada, kalau ada orang yang sering jelek-jelekin agama lain, itu sudah indikasi," bebernya.

Mantan Danjen Kopassus ini tidak ingin menyalahkan intelijen yang tidak mampu membaca aksi teror belakangan ini. Menurutnya, bukan hanya Indonesia, negara besar Amerika Serikat saja masih sering kecolongan aksi teror.

"Kejahatan itu dari niat, tidak mungkin bisa ngintelin seratus juta orang," pungkasnya. [dry]


Komentar Pembaca