Pemilu 2019

KPU Senang Jika Larangan Eks Napi Koruptor Nyaleg Digugat

Pileg   Rabu, 23 Mei 2018 | 22:26 WIB | LAPORAN: Soraya Novika

KPU Senang Jika Larangan Eks Napi Koruptor Nyaleg Digugat - Kantorberitapemilu.com

KPU/Net

KBPRI. Sikap independen Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mempertahankan larangan mantan narapidan korupsi maju sebagai calon legislatif sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terus diuji. Meski pun hal itu, dapat berdampak gugatan dari beberapa pihak termasuk Mahkamah Agung.

"Kalau nanti ada yang menggugat ke MA, justru kami senang, jadi aturan kami ini bisa beradu argumennya di forum Judicial Review MA," ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (23/5).

Lebih lanjut, ia menjelaskan pertimbangan KPU dalam mempertahankan larangan tersebut dalam PKPU, tidak lain sebagai upaya menjaga aspirasi reformasi dalam memberantas KKN.

"Sebagaimana argumentasi-argumentasi sebelumnya, salah satu aspirasi utama kita selama reformasi dulu kan memberantas KKN, maka dari itu, aspirasi ini harus dimulai dari perekrutan calon-calon legislatif terlebih dahulu, sebab pintu masuk yang sangat penting dalam menutup KKN ini ya dari situ, kalau diberi keluluasaan maka aspirasi ini tidak tercermin sama sekali," paparnya. [tsr]


Komentar Pembaca