PSI Laporkan Bawaslu ke Ombudsman

Hukum   Kamis, 24 Mei 2018 | 16:21 WIB | LAPORAN: Wahyu Sabda Kuncahyo

PSI Laporkan Bawaslu ke Ombudsman  - Kantorberitapemilu.com

PSI/Net

KBPRI. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melaporkan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan dan anggota Bawaslu M. Affifudin ke Ombudsman RI. Terkait kasus dugaan pelanggaran kampanye PSI yang dilimpahhkan Bawaslu ke polisi.

"PSI menilai Bawaslu tidak bersikap konsisten, tidak profesional, dan tidak berintegritas dalam melakukan kajian dan analisis atas ketentuan dalam UU Pemilu," jelas Dini Purwono dari Jaringan Advokasi Rakyat Partai Solidaritas Indonesia (Jangkar Solidaritas) di Kantor Ombudsman, Kuningan, Jakarta, Kamis (24/5).

Jangkar Solidaritas mewakili pelapor yakni Sekjen PSI Raja Juli Antoni dan Wakil Sekjen Satia Chandra Wiguna. PSI menganggap Bawaslu menyalahi prosedur dalam menangani dugaan pelanggaran iklan kampanye yang dimuat di salah satu surat kabar nasional edisi 23 April 2018.

Menurut Dini, materi polling yang dilakukan PSI tidak memuat visi, misi, dan program partai. Sehingga tidak bisa dikatagorikan sebagai kampanye sebagaimana dimaksud dalam Pasal 274 UU Pemilu.

"Bahkan dalam iklan tersebut tidak ada satu pun foto pengurus atau kader PSI yang ditampilkan. Yang ada justru foto para elite partai lain," ujarnya.

Logo dan nomor urut PSI ditampilkan dalam iklan semata-mata sebagai keterangan untuk menunjukkan sebagai pihak yang menyusun dan menyelenggarakan polling.

"Inisiatif PSI untuk melakukan polling tersebut adalah sejalan dengan tujuan dan fungsi PSI sebagai partai politik sebagaimana diatur dalam UU Parpol yaitu meningkatkan partisipasi politik warga dan melakukan pendidikan politik warga," demikian Dini. [wah]


Komentar Pembaca

Penodaan Agama Sukmawati Lebih Parah Dari A..

Kamis, 21 Juni 2018 | 23:36

KPK Buka Arsip Lama Kasus KTP El..

Kamis, 21 Juni 2018 | 10:31

ACTA Kembali Uji Materi Aturan Presidential..

Senin, 18 Juni 2018 | 21:23

Novel Baswedan Tagih Janji Jokowi..

Minggu, 17 Juni 2018 | 16:17

PAN: Rizieq Bisa kembali ke Indonesia..

Minggu, 17 Juni 2018 | 15:18

Istana Bantah SP3 Rizieq Hasil Pertemuan Jo..

Minggu, 17 Juni 2018 | 11:40