KPU Jabar Tunggu Rekomendasi Sanksi Bawaslu

Politik   Jumat, 25 Mei 2018 | 17:16 WIB

KPU Jabar Tunggu Rekomendasi Sanksi Bawaslu - Kantorberitapemilu.com

KPU/Net

KBPRI. Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat masih menunggu rekomendasi penetapan sanksi kepada pasangan calon gubernur Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan Hasanudin-Anton Charliyan.

"Belum ya belum dapat surat (rekomendasi)," kata Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, Jumat (25/5).

Sebelumnya, Bawaslu Jabar, menyatakan surat rekomendasi sanksi akan diserahkan ke KPU pada Rabu (23/5). Pasangan Hasanah dan Asyik dinilai telah melanggar tata tertib dan prosedur pelaksanaan debat publik.

Namun, KPU mengonfirmasi bahwa rekomendasi tersebut belum diterima. Sehingga keputusan apakah kedua pasangan itu mendapatkan sanksi belum bisa diputuskan KPU. Meski begitu, apabila surat rekomendasi dari Bawaslu sudah diterima, maka KPU akan segera melakukan rapat pleno.

"Begitu ada surat sampai, langsung kita rapat pleno," ujar Yayat.

Menurutnya, rapat pleno akan meninjau apakah kedua pasangan tersebut layak diberikan sanksi atau tidak. Serta memutuskan mengenai jenis pelanggaran jika memang terbukti melanggar. Adapun sanksi yang bisa mereka terima seperti peringatan secara lisan, tertulis, bahkan yang lebih berat yakni dilarang ikut dalam debat publik ketiga.

"Kalau ada pelanggaran administrasi kita kan akan memilih sanksinya apa. Untuk memilih itu kan harus rapat pleno," jelas Yayat, diberitakan Antara. [wah]


Komentar Pembaca