Ini Daftar yang Paling Layak Jadi Calon Wapres

Survei Pemilu   Jumat, 25 Mei 2018 | 17:41 WIB | LAPORAN: Wahyu Sabda Kuncahyo

Ini Daftar yang Paling Layak Jadi Calon Wapres - Kantorberitapemilu.com

Pilpres/Net

KBPRI. Indonesia Development Monitoring (IDM) mencatat nama-nama yang dianggap layak menjadi calon wakil presiden di Pilpres 2019.  

Teratas ada nama Ketum Partai Perindo Harry Tanoesoedibjo yang mendapat dukungan 5,7 persen. Disusul Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini 7,4 persen, Menko PMK yang juga politisi PDI Perjuangan Puan Maharani 9,6 persen, dan Ketum PPP Romahurmuziy 1,2 persen. Kemudian Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto 8,7 persen, dan Ketum Partai Nasdem Surya Paloh 2,3 persen.

Selain nama-nama tersebut, pilihan responden juga tertuju pada Ketum PAN Zulkifli Hasan dengan dukungan 4,2 persen responden, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan 7,8 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 7,9 persen, Ketum PKB Muhaimin Iskandar 11,8 persen, dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan paling tinggi dengan 12,6 persen.

"Tingkat elektabilitas yang tinggi dari Budi Gunawan menjawab isu-isu negatif yang secara personal selama ini. Dan masyarakat justru menilai Budi Gunawan sebagai korban kampanye politik negatif selama ini," jelas Direktur Eksekutif IDM Bin Firman Tresnadi kepada wartawan, Jumat (25/5).

Survei IDM sendiri digelar di 33 provinsi terhadap 2450 responden yang disesuaikan dengan jumlah DPT Pemilu 2014 pada 28 April sampai 18 Mei. Menggunakan metode multistage random sampling, survei mendapati tingkat kesalahan plus minus 1,98 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [wah] 


Komentar Pembaca