PILGUB JABAR 2018

Jutaan Kertas Suara Tiba dengan Selamat di Sukabumi

Pilkada   Minggu, 27 Mei 2018 | 10:33 WIB | LAPORAN: Hendry Ginting

Jutaan Kertas Suara Tiba dengan Selamat di Sukabumi - Kantorberitapemilu.com

Empat paslon gubernur Jabar/net

KBPRI. Salah satu berkas yang sangat penting dalam setiap pemilihan, termasuk pilkada adalah kertas suara. Di Jawa Barat, kertas suara sudah didistribusikan. Di Kabupaten Sukabumi, sebanyak 1.849.061 surat suara Pilgub Jabar sudah tiba di KPU Kabupaten Sukabumi, Sabtu (26/5).

Yang penting dari proses distribusi itu adalah pengawalan kertas suara agar tidak jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggungjawab dan menyalahgunakannya untuk kepentingan tertentu.

Terkait surat suara yang sudah diterima KPU Kabupaten Sukabumi, Ketuanya  Dede Haryadi menjelaskan dengan pengawalan, surat suara Pilgub Jabar tersebut dibungkus dalam 925 boks yang berisi 2000 surat suara. Dalam satu boks berisi 1061 surat suara.

Menurut Dede jumlah surat suara yang datang  telah ditambah sebanyak 2,5 persen dari jumlah DPT per TPS. Sehingga jumlahnya relatif lebih banyak dari DPT Kabupaten Sukabumi yang sebanyak 1.801.992.

"Jadi, surat suara yang sebanyak1.849.061 telah ditotalkan dengan 2,5 persen dari jumlah DPT per TPS," ujarnya seperti diberitakan  dikutip dari Kantor Berita RMOLJabar, Sabtu (26/5).

Lebih lanjut Dede menjelaskan surat suara akan disimpan di gudang logistik KPU Kabupaten Sukabumi dengan penjagaan ketat anggota kepolisian Polres Sukabumi.

Rencananya, surat suara tersebut akan dilipat oleh petugas pelipatan pada 1 Juni 2018 nanti. Proses pelipatan tersebut akan melibatkan 250 orang. Baik dari internal KPU ataupun eksternal.

"Tapi bisa juga dipercepat jadi Senin (28/5). Petugas pelipatannya akan melibatkan warga sekitar. Namun tetap, mereka diawasi dan diseleksi sangat ketat ketika pelipatan nanti," pungkas Dede. [dry]


Komentar Pembaca