Pilgub Jawa Timur 2018

Penuhi Panggilan Panwaslu, Ketua DPRD Surabaya Dicecar 35 Pertanyaan

Hukum   Selasa, 05 Juni 2018 | 02:25 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Penuhi Panggilan Panwaslu, Ketua DPRD Surabaya Dicecar 35 Pertanyaan - Kantorberitapemilu.com

Armuji

KBPRI. Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji memenuhi panggilan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Surabaya. Armuji diminta penjelasan terkait dugaan penggunaan fasilitas negara berupa rumah dinas untuk kampanye.Mengingat, sebelumnya, Armuji menggelar sebuah acara dengan dihadiri Calon Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Puti Guntur Soekarno.

Panwaslu melakukan pemeriksaan terhadap Ketua DPRD Surabaya setelah adanya laporan dari Ali Azhar. Sampai saat ini, status Armuji masih diperiksa sebagai terlapor. Dalam pemeriksaan, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu dicecar dengan 35 pertanyaan.

Materinya seputar kehadiran Puti dalam acara tersebut. Hingga saat ini, Panwaslu masih mengumpulkan berbagai bukti dan keterangan dari pihak terlapor maupun pelapor. Selanjutnya akan dibahas dalam rapat pleno.

"Kami menanyakan keterkaitan Puti di sana (rumah dinas) seperti apa. Apa yang diucapkan Puti saat sambutan. Kurang lebih seperti itu. Untuk keputusan, kami ada di rapat pleno.Kami diberi waktu 5 hari untuk menyelesaikan. Jadi besok sudah ada keputusan," kata Komisioner Bidang Hukum dan Penanganan Pelanggaran Panwaslu Kota Surabaya Novli Thyssen di Kantor Panwaslu Kota Surabaya, Senin (4/6).

Sementara itu, Armuji membantah jika kehadiran Puti di kediamannya dalam rangka kampanye. Ia mengaku kehadiran Puti hanya kebetulan saja. Sebab di rumah dinasnya rutin digelar buka puasa bersama selama Ramadan.

"Tidak ada kampanye sama sekali. Kebetulan Mbak Puti dari Juanda, kan biasa mereka ke rumah saya. Koordinasi lah sebagai tempat ampiran. Kebetulan di sana setiap hari ada buka puasa. Jadi orang-orang disapa sama Mbak Puti dan diajak foto-foto. Seperti itu saja kegiatannya. Tidak ada yang lain," kilah Armuji usai pemeriksaan. [tsr]


Komentar Pembaca