Ini Empat Kerawanan di Banten Jelang Idul Fitri

Nasional   Kamis, 07 Juni 2018 | 03:03 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Ini Empat Kerawanan di Banten Jelang Idul Fitri - Kantorberitapemilu.com

Garis Polisi/Net

KBPRI. Ada empat kerawanan yang perlu diwaspadai masyarakat saat musim mudik lebaran 1439 Hijriah. Khususnya di wilayah Banten dan sekitarnya.

Keempat kerawanan tersebut yakni stabilitas harga pangan, kemacetan arus lalu lintas, potensi gangguan alam serta Kamtibmas, dan potensi aksi teror.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada gelar apel Operasi Ketupat Kalimaya tahun 2018 di Alun-alun Barat Kota Serang, Rabu (6/6).

Tahun ini, urai Kapolda, permasalahan pangan masih berkisar pada pendistribusian pangan, mafia pangan, prilaku pelaku usaha negatif yang menaikan harga pangan di atas harga pemerintah. "Oleh sebab itu diperlukan kerja sama dan langkah pro aktif dari stackholder terkait guna mengatasi hal ini," katanya.

Sementara terkait dengan kelancaran dan kemacetan arus lalu lintas berdasarkan hasil survei yang dilakukan Korlantas polri memetakan ada 6 lokasi rawan macet pada jalur utama.

"Untuk mengatasi hal itu kami memberikan penekanan kepada personil agar benar-benar melakukan pemantauan secara cermat dan berbagai strategi agar dilakukan dengan baik," ujarnya.

Selanjutkan, Kapolda juga melihat potensi bencana alam dan gangguan Kamtibmas lainnya seperti curat, curas begal dan hipnotis harus diperhatikan secara matang. "Diharapkan para personel menggunakan langkah preventif dan preentif sehingga bisa menekan potensi yang ada," bebernya.

Yang terakhir potensi terorisme, untuk itu kata Kapolda personel harus meningkatkan deteksi intelijen secara hukum secara tegas melalui peran satgas anti teror.

"Disamping itu, penjagaan Mako polri, tempat ibadah dan pusat keramaian harus menjadi perhatian ekstra dan memperkuat pengamanan," tukasnya. [tsr]


Komentar Pembaca