Elektabilitas Dua Cagub Jateng Berselisih Jauh

Survei Pemilu   Kamis, 07 Juni 2018 | 21:46 WIB | LAPORAN: Wahyu Sabda Kuncahyo

Elektabilitas Dua Cagub Jateng Berselisih Jauh - Kantorberitapemilu.com

Pilkada/Net

KBPRI. Lembaga Survei Charta Politika mencatat elektabiltas pasangan calon gubernur Jawa Tengah memiliki selisih jauh.

Diketahui, Pilgub Jateng 2018 diikuti dua pasangan yakni Ganjar Pranowo-Taj Yamin Maimoen dan Sudirman Said-Ida Fauziyah. Pasangan Ganjar-Maimoen memperoleh elektabilitas 70,5 persen, dan pasangan Sudirman-Ida sebesar 13,6 persen.

"Dalam Pilgub Jawa Tengah saya menilai ada kejomplangan elektabilitas, di mana pasangan Ganjar dan Maimoen unggul jauh di atas pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziyah," jelas Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam paparan survei di kantornya, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (7/6).

Senada juga terjadi pada tingkat popularitas dan kesukaan masyarakat terhadap cagub. Dari 100 persen pemilih di Jateng sebanyak 86,8 persen mengenal Ganjar. Dari yang mengenalnya sebanyak 96,6 mengaku menyukai.

"Sementara kalau melihat hasil survei kira-kira pertanyaannya begini 'apa anda mengenal Sudirman Said,' hasilnya hanya 41,2 persen yang mengenal. dan dari angka tersebut 91,9 persen menyukai," papar Yunarto.

Kemudian tingkat popularitas calon wagub Maimoen dan Ida Fauziah tidak berbeda jauh. Dari 100 persen pemilih, sebanyak 34,8 mengaku mengenal Maimoen dan dari itu sebanyak 95,9 persen menyukai. Sedangkan Ida dari 27,9 persen yang mengenal, sebanyak 93,1 menyukainya.  

Penelitian Charta Politika sendiri digelar pada 23-29 Mei 2018 dengan metode wawancara tatap muka secara langsung menggunakan kuesioner terstruktur. Dari jumlah sampel sebanyak 1200 responden, hasil survei mendapati tingkat kesalahan 2,83 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. [wah]


Komentar Pembaca