Pilkada Serentak 2018

Cegah Tudingan Negatif Sentimen Agama, Bawaslu Luncurkan Buku

Pilkada   Jumat, 08 Juni 2018 | 23:47 WIB | LAPORAN: Adityo Nugroho

Cegah Tudingan Negatif Sentimen Agama, Bawaslu Luncurkan Buku - Kantorberitapemilu.com

Peluncuran buku di Bawaslu/Net

KBPRI. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meluncurkan buku berjudul "Serial Pengawasan Pemilu Partisipatif" di Kantor Bawaslu, Jakarta, Jumat (8/6). Tujuannya, untuk membantah tudingan-tudingan negatif yang berbau sentimen agama.

"Sebelumnya sempat ramai Bawaslu dituduh mau urus masjid, Bawaslu mau urus khatib. Buku ini jawabannya," kata Ketua Bawaslu, Abhan di sela-sela acara.

Ia menegaskan, Bawaslu tidak bermaksud ikut campur masalah pemilihan khatib dan isi ceramah di masjid. Karena itu, buku ini berisi penjelasan soal konten ceramah agama yang menjadi pelanggaran pemilu.

Tak hanya dalam sudut pandang ajaran agama Islam, buku ini juga ditulis oleh para perwakilan agama tentang pencegahan pelanggaran pemilu dari sudut pandang masing-masing agama. "Misalkan politik uang, seluruh agama melarang itu. Begitu juga bentuk kecurangan-kecurangan lainnya," ungkapnya.

Buku ini diterbitkan untuk mengajak seluruh komponen bangsa menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak, Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden dan Wapres. "Tujuan dari buku ini adalah kami mendorong  untuk bersama-sama Bawaslu menyukseskan Pilkada dan Pemilu," demikian Abhan. [tsr]


Komentar Pembaca