Pemilu 2019

Tolak Koalisi Umat Usulan Rizieq, PKS: Pilpres Itu Domainnya Parpol

Pilpres   Sabtu, 09 Juni 2018 | 02:40 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Tolak Koalisi Umat Usulan Rizieq, PKS: Pilpres Itu Domainnya Parpol - Kantorberitapemilu.com

Habib Rizieq Shihab/Net

KBPRI. Usulan nama koalisi yang disampaikan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab justru menuai penolakan dari partai-partai yang direkomendasikan bergabung. Setelah Gerindra dan Partai Bulan Bintang (PBB), kini giliran Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menolak nama tersebut.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan, nama koalisi yang akan dibangun belum final. Namun, partainya ingin nama yang digunakan bisa merangkul semua golongan dan jauh dari kesan eksklusif.

Hidayat menambahkan, lebih setuju jika nantinya koalisi itu dapat merangkul seluruh umat beragama. Sehingga pembentukan koalisi itu pun nantinya tak membuat sekelompok masyarakat merasa terdiskriminasi.

"Kami pun belum memberikan nama atas koalisi ini. Kami cuma sepakat sebaiknya nama itu yang kemudian bisa merangkum semuanya dan tidak menghadirkan semacam perasaan terdiskriminasikan. Karena juga kan dalam itu juga ada Gerindra yang tidak dalam tanda petik poros Islam," ucap Hidayat di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (8/6).

Lebih lanjut Hidayat menuturkan, perhelatan Pilpres 2019 tidak seperti Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu. Oleh sebab itu, strategi yang diambil semestinya berubah.

"Kalau Pilkada memang masih ada jalur ormas, melalui jalur perseorangan. Tetapi kalau namanya Pilpres itu domainnya Parpol. Parpol atau gabungan parpol," ucap Hidayat.

"Pastilah dia (Rizieq) memahami situasi ini, dan karenanya beliau saya yakin tidak dalam rangka mendikte partai-partai politik apalagi mengatasi parpol-parpol," pungkas.

Sebagai informasi, Rakornas Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) telah menghasilkan beberapa keputusan penting dalam menghadapi Pilpres 2019 mendatang. Salah satu yang mencuat yakni pembentukan koalisi umat oleh PAN, PKS, Partai Gerindra, dan PBB.

Sementara dalam pertemuan dengan sejumlah elite parpol di Makkah, Rizieq Shihab mengusulkan koalisi tersebut bernama Koalisi Umat. [tsr]


Komentar Pembaca