Pemilu 2019

Komparasi Amien Rais dan Mahathir, Demokrat: Bagaikan Langit dan Bumi

Pilpres   Senin, 11 Juni 2018 | 23:11 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Komparasi Amien Rais dan Mahathir, Demokrat: Bagaikan Langit dan Bumi - Kantorberitapemilu.com

Mahathir Mohamad/Net

KBPRI. Rencana nyapres politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, mendapat kriti pedas kubu Partai Demokrat. Apalagi, rencana tersebut disinyalir terinspirasi politikus senior Mahatir Mohamad yang menang di Pilpres Malaysia.

"Menurut saya, majunya Pak Amien ini jangan 'juga-an sich' disama-samakan dengan Pak Mahathir di Malaysia. Karena kalau mau objektif, paling yang sama usia tuanya saja," jelas politikus muda Demokrat, Jansen Sitindaon, dalam pesan elektronik yang diterima redaksi, Senin (11/6).

Menurut dia, dari sisi kenegarawanan, Amien dan Mahathir jauh berbeda. Begitu pula pengalaman dalam pemerintahan. "Bak langit dengan bumi. Pak Mahatir memang pernah dulu jadi eksekutif memimpin negaranya selama 22 tahun. Jadi jelas mengukur apa yang pernah dia lakukan untuk negaranya. Pak Amien kan tidak pernah punya jejak itu," tegasnya.

Oleh karena itu, bila Amien Rais mengkritik pemerintahan Jokowi dan seakan-akan memiliki konsep yang lebih baik, itu pun belum terbukti.

Kiprah Amien Rais sebagai pejabat negara baru terlihat ketika mejadi Ketua MPR periode 1999-2004. Itu juga menghasilkan kondisi negara yang karut marut akibat amandemen konstitusi.

Jansen menambahkan, Mahathir turun gunung setelah melihat negaranya terpuruk. Itu alasan Mahathir maju lagi untuk membenahi Malaysia.

"Pak Mahathir turun gunung lagi untuk memperbaikinya dan berhasil kembali mendapat mandat dari rakyat. Jadi ini beda Pak Amien dengan Mahathir," pungkasnya. [tsr]


Komentar Pembaca