Hanya Dua Wartawan Korut Boleh Liput Kim Jong Un Selama di Hotel

Internasional   Senin, 11 Juni 2018 | 23:58 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Hanya Dua Wartawan Korut Boleh Liput Kim Jong Un Selama di Hotel - Kantorberitapemilu.com

Wartawan Korut/net

KBPRI. Keamanan di sekitar Hotel St Regis, Singapura, tempat pimpinan Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menginap, sangat ketat. Para tamu dilarang masuk dan keluar beberapa jam sebelum Kim datang. Polisi Singapura dan staf hotel memberitahu pada tamu di lobi agar tidak mengambil foto Kim.

Sebelum kedatangan Kim, hanya ada dua wartawan yang boleh bergerak bebas. Mereka bergerak di sepanjang jalan yang diblokade petugas dan dipenuhi kerumunan.

Keduanya adalah wartawan dari media Korut yang menunggu untuk mengambil foto pemimpin mereka. Mereka menggunakan jas hitam, sibuk menyiapkan posisi terbaik menunggu Kim Jong Un.

Cara wartawan dan pihak keamanan Korut bekerja menunjukkan cara mereka bekerja di negara mereka. Mereka tampak kaku, terisolasi, dan apa saja terlihat dijaga ketat.

Saat iring-iringan mobil Kim mendekati Hotel St Regis, dua kamerawan video Korut lainnya mengenakan setelan hitam muncul melalui atap mobil SUV hitam, merekam kerumunan.

Satu mobil kembali, seorang fotografer berdiri keluar dari atap mobil lain, mengambil gambar di sepanjang iring-iringan mobil.

Ketika beberapa tamu terlihat menyelinap mengambil foto, seorang pejabat Korea Utara menyerbu ke mereka. Mereka menuntut untuk memeriksa ponsel para pengunjung.

"Saya melihat mereka mengambil foto pemimpin kami. Beraninya mereka melakukannya, seharusnya tidak," kata salah satu pejabat Korut dilansir dari Reuters, Senin (11/6).

Untuk diketahui, di Korutyang otoriter, di mana keluarga Kim telah mewariskan kekuasaan melalui tiga generasi, gambar-gambar disebarkan oleh media negara.

Seperti Korea Central News Agency (KCNA), Koran Rodong Sinmun, dan Televisi Sentral Korea. Media-media ini membantu membangun melegitimasi Pemimpin Korut dan memuliakan statusnya. [tsr]


Komentar Pembaca