Pemilu 2019

PAN Ingin Ciptakan Efek Ekor Jas, Apa Maksudnya?

Pilpres   Selasa, 12 Juni 2018 | 23:42 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

PAN Ingin Ciptakan Efek Ekor Jas, Apa Maksudnya? - Kantorberitapemilu.com

Amien Rais/Net

KBPRI. Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menduga keinginan Amien Rais menjadi capres hanya untuk menaikkan elektabilitas PAN. Arsul mengaitkan rencana tersebut dengan teorinya.

"Yakni Amien Rais sedang menerapkan teori 'Efek Ekor Jas', seperti yang dijelaskan dalam disiplin ilmu politik. Bahwa pencalonan tokoh partai pada jabatan presiden dan wapres akan memberikan dampak elektoral," ujar Arsul saat dihubungi, Selasa (12/6).

Menurut Arsul, Amien Rais lebih bisa menggaet suara Islam ketimbang Ketua Umum sendiri, Zulkifli Hasan. Sehingga, PAN memilih memfokuskan wacana pada pencalonan Amien Rais. "Karena daya jual Amien Rais paling tidak di lingkungan kelompok Islam tertentu ini, Amien Rais diakui lebih tinggi," katanya.

Oleh sebab itu, PPP melihat upaya tidak serius dari PAN dalam mencalonkan Amien Rais sebagai ‎capres di Pilpres 2019. Sebab kemungkinan Partai Gerindra dan PKS tidak setuju dengan Amien Rais di Pilpres 2019.

"Jadi, saya tidak melihat itu sebagai pernyataan yang serius dalam konteks Pilpres. Saya melihat Amien Rais ini tidak sekuat seperti Jokowi atau Prabowo," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyebut namanya sebagai salah satu dari empat nama yang akan diusung menjadi capres oleh PAN. Ada tiga alasan PAN memasukkan namanya sebagai kandidat capres.

Pertama‎, kata Ketua DPP PAN Viva Yoga, Amien Rais memiliki integritas sebagai pemimpin nasional, cinta NKRI, dan cinta rakyat Indonesia. Kedua, Amien memiliki konsep dan kapasitas kepemimpinan dalam perjuangan bangsa.

Alasan ketiga adalah sosok Amien Rais yang masih memiliki fisik kuat dan stamina prima dalam beraktivitas sesuai tuntutan kerja. Sehingga, usia tidak menjadi halangan baginya dalam menjalankan tugas kepresidenan.

Selain Amien Rais, nama lain yang muncul yaitu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Penasihat PAN Soetrisno Bachir, dan mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa. [tsr]


Komentar Pembaca

10 Bakal Cawapres Jokowi Pilihan Warga..

Selasa, 19 Juni 2018 | 16:24

Demokrat Beri Sinyal Ke Gerindra..

Selasa, 19 Juni 2018 | 12:21

Gerindra Tunggu Jokowi Umumkan Cawapres..

Senin, 18 Juni 2018 | 17:53

Wow, Demokrat Kesemsem sama Chairul Tanjung..

Senin, 18 Juni 2018 | 11:42

Rizal Ramli Sentil Jokowi Jangan Terlalu Me..

Senin, 18 Juni 2018 | 11:28

Fadli zon: Rizal Ramli Berpeluang Besar Nya..

Senin, 18 Juni 2018 | 11:07