Juli, Kim Jong Un Siap Jamu Trump di Korut

Internasional   Selasa, 12 Juni 2018 | 23:53 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Juli, Kim Jong Un Siap Jamu Trump di Korut - Kantorberitapemilu.com

Kim Jong Un dan Donald Trump/Net

KBPRI. Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengundang Presiden AS Donald Trump untuk melakukan pertemuan di Pyongyang pada Juli mendatang, seperti dilansir The Straits Times pada Senin (11/6).

Menurut harian Korea Selatan Joongang Ilbo, mengutip sumber di Singapura, Kim telah mengundang Trump ke Korut untuk mengadakan pertemuan kedua pada Juli.

Undangan itu ditulis dalam surat yang ditulis oleh Kim kepada Trump dan diserahkan langsung oleh tangan kanan Kim, Jenderal Kim Yong Chol, ke Gedung Putih pada 1 Juni lalu.

Sementara itu Trump belum mengungkapkan apa yang tertulis di surat itu, tapi dia tampak senang mendapatkannya. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa itu adalah 'surat yang sangat baik' dan 'surat yang sangat menarik'.

Konsensus untuk pertemuan kedua juga dicapai selama beberapa pertemuan tingkat kerja antara kedua belah pihak, termasuk antara Ahli Korut Sung Kim dan Wakil Menteri Luar Negeri Korut Choe Son Hui.

Sumber itu mengatakan, pertemuan Pyongyang jika terwujud akan menindaklanjuti poin-poin penting dari denuklirisasi Korut yang diharapkan dua pemimpin untuk memulai pembicaraan di pertemuan pertama mereka di Singapura pada hari ini. Bahkan bila pertemuan kedua berlangsung, mungkin akan diikuti oleh pertemuan ketiga di Washington pada September. [tsr]


Komentar Pembaca