Usai Temui Kim Jong Un, Trump Batalkan Latihan Militer Dengan Korsel

Internasional   Rabu, 13 Juni 2018 | 23:44 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Usai Temui Kim Jong Un, Trump Batalkan Latihan Militer Dengan Korsel - Kantorberitapemilu.com

Kim Jong Un/Net

KBPRI. Usai pertemuan bersejarah dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membatalkan janji penting dengan negara lainnya.

Dalam konferensi pers usai pertemuan puncak tersebut, Trump mengatakan, ia membatalkan latihan militer dengan Korea Selatan (Korsel). Trump membuat pengumuman setelah pertemuan dengan Kim yang menghasilkan beberapa kesepakatan diantaranya penghentian permainan perang antara keduanya.

Kerja Sama Tingkat Tinggi (KTT) Trump dan Kim juga berpusat pada pelucutan senjata nuklir dan mengurangi ketegangan regional dan diakhiri dengan perjanjian.

Langkah yang diambil Trump dipandang sebagai konsesi besar bagi Korut dan nampaknya mengejutkan sekutu AS di wilayah tersebut. Pentagon meyakinkan sekutu komitmen keamanan ketatnya setelah Trump membatalkan pelatihan militer dengan Korsel.

Sementara itu, media Pemerintah Korut mengatakan, Kim telah menerima tawaran untuk mengunjungi AS dari Trump. Kantor berita KCNA mengatakan, Kim juga telah mengundang Trump untuk mengunjungi Pyongyang pada waktu yang tepat nantinya.

KCNA menyatakan, kedua pemimpin tersebut dengan senang hati menerima undangan satu sama lain. Pada komentar pertama yang dilaporkan sejak perundingan, Kim mengatakan, untuk menghentikan tindakan militer yang bermusuhan satu sama lain itu sifatnya mendesak seperti dilansir BBC pada Rabu, (13/6).

Kim menambahkan, kedua negara harus berkomitmen untuk menahan diri dari pertentangan satu sama lain dan mengambil langkah hukum serta kelembagaan untuk menjaminnya. [tsr]


Komentar Pembaca