Publik Tak Ingin Hanya Jokowi dan Prabowo yang Bertarung

Pilpres   Kamis, 14 Juni 2018 | 20:42 WIB | LAPORAN: Wahyu Sabda Kuncahyo

Publik Tak Ingin Hanya Jokowi dan Prabowo yang Bertarung - Kantorberitapemilu.com

Pilpres/Net

KBPRI. Publik Indonesia tidak menginginkan hanya petahana Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang bertarung di Pilpres 2019.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan, sejumlah tokoh alternatif yang sering disebut dalam survei sejatinya memiliki visi dan misi yang jelas. Semisal ekonom senior Indonesia DR Rizal Ramli dan politisi Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Dua orang ini sering mengungkapkan berbagai hal yang akan dilakukan nanti pada saat menjadi RI satu atau dua. Abraham Samad juga pernah menyampaikan itu tapi tidak sesering AHY dan Rizal Ramli. Rizal Ramli bahkan sering menyampaikan visi kebangsaannya saat diundang ke forum-forum internasional," jelasnya kepada wartawan, Kamis (14/6).

Meski begitu, menurutnya, program-program yang disampaikan para tokoh tersebut relatif masih seragam. Yakni seputar pembangunan ekonomi, kesejahteraan rakyat, dan lainnya.

"Teorinya kan dalam sebuah negara, demokrasi itu akan langgeng dilaksanakan bila negara tersebut sukses melaksanakan tiga hal," kata Hendri.

Ketiganya adalah pemerataan ekonomi, penegakan hukum yang tidak tebang pilih, dan kedewasaan dalam berpolitik.

"Tiga poin inilah yang harus menjadi fokus para calon pemimpin alternatif untuk memperbaiki bangsa," imbuh Hendri. [wah]


Komentar Pembaca