Pemilu 2019

Demokrat Pastikan Pertemuan Prabowo-SBY Bahas Rencana Koalisi

Pilpres   Minggu, 17 Juni 2018 | 05:39 WIB | LAPORAN: Tangguh Sipria Riang

Demokrat Pastikan Pertemuan Prabowo-SBY Bahas Rencana Koalisi - Kantorberitapemilu.com

Susilo Bambang Yudhoyono/Net

KBPRI. Rencana Ketua Umum (Ketum) partai Gerindra, Prabowo Subianto dengan Ketum partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak lepas dari kepentingan politik. Khususnya, terkait kemungkinan koalisi di pemilihan presiden (pilpres) 2019 mendatang.

"Yang dibahas tentu terkait dengan peta politik nasional, rencana koalisi. Jadi, kita saling memahami dulu kemana arahnya nanti," ungkap Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum partai Demokrat, Ferdinand Hutahaen, Sabtu (16/6).

Sementara itu Ferdinand menyanggah telah terjadi kesepahaman antara Gerindra dan Demokrat terkait peta politik 2019. Dia berpendapat hal tersebut harus dibahas lebih dalam. Kemudian, saat ini seluruh jenis komunikasi 2 partai ini disebut masih tahap awal penjajakan.

"Kalau peta politik belum ada kesepahaman karena apa yang dibicarakan seperti format koalisi seperti apa, dengan siapa lagi (berkoalisi) itu kan tidak bisa dibicarakan hanya selintas-lintas. Semua ini masih tahap penjajakan di awal," terang Ferdinand.

Lebih lanjut, Ferdinand mengatakan bahwa SBY telah mengintruksikan agar seluruh jajaran partai Demokrat untuk terus melakukan komunikasi dengan semua pihak termasuk Gerindra. Sehingga, arah peta politik 2019 semakin jelas dan akan dimatangkan pada tahap akhir.

"Pak SBY memang meminta kami untuk terus berkomunikasi dengan semua pimpinan semua pihak termasuk Gerindra. Sehingga di tataran lapis kedua kita sebut ketua-ketua dan Sekjen arahnya akan kemana," pungkasnya. [tsr]


Komentar Pembaca