Elektabilitas Nurdin-Aziz Paling Tinggi di Sulsel

Survei Pemilu   Senin, 18 Juni 2018 | 22:24 WIB | LAPORAN: Wahyu Sabda Kuncahyo

Elektabilitas Nurdin-Aziz Paling Tinggi di Sulsel - Kantorberitapemilu.com

Foto/Net

KBPRI. Lembaga Indo Riset Konsultan melakukan survei tentang elektabilitas calon gubernur di Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan. Hasilnya, pasangan Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar mengungguli pasangan lain.

Terdapat empat pasangan yang bertarung di Pilgub Sulsel yakni Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman, Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar, dan Agus Arifin Nu'mang-Tanri Balilamo.

Untuk tingkat popularitas dan disukai ditujukan secara perseorangan. Hasilnya, tingkat popularitas Nurdin Halid sebesar 72,5 persen dengan tingkat disukai 77,4 persen. Disusul Ichsan Yasin Limpo dengan popularitas 72,1 persen dengan disukai 75,9 persen.

Selanjutnya ada Abdul Aziz Qahhar Maudzakkar dengan popularitas 67,9 persen dan disukai 77,0 persen. Diikuti Nurdin Abdullah dengan popularitas 63,9 persen dan disukai 79,8 persen. Kemudian Agus Arifin Nu'mang dengan popularitas 62,1 persen dan disukai 75,4 persen. Dilanjutkan oleh Andi Mudzakkar dengan popularitas 48,6 persen dan disukai 74,8 persen.

Selanjutnya, ada Andi Sudirman Sulaiman dengan popularitas 33,5 persen dan disukai 78,8 persen. Terakhir, ada Tanribali Lamo dengan tingkat popularitas 32,3 persen dan disukai 76,3 persen.

Sementara, tingkat elektabilitas pasangan cagub dengan nilai tertinggi adalah Nurdin-Aziz sebanyak 32,3 persen, disusul Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman 27,4 persen, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar 18,8 persen, dan pasangan Agus Arifin Nu'mang-Tanri Balilamo 9,2 persen. Untuk responden yang menjawab tidak tahu atau tidak jawab sebanyak 12,4 persen.

Sebagaimana keterangan kepada redaksi, Senin (18/6), Indo Riset Konsultan melakukan simulasi menggunakan kertas suara tingkat elektabilitas tertinggi. Diperoleh pasangan calon Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar 32,3 persen, disusul pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman dengan tingkat elektabilitas 27,4 persen.

Survei sendiri digelar pada 30 Mei-7 Juni 2018 melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Sebanyak 1000 responden yang diwawancara tersebar secara proporsional di seluruh kabupaten dan kota di Sulsel.

Penarikan sampel dengan metode multistage random sampling mendapati tingkat kesalahan plus minus 3,24 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. [wah]


Komentar Pembaca