10 Bakal Cawapres Jokowi Pilihan Warga

Pilpres   Selasa, 19 Juni 2018 | 16:24 WIB | LAPORAN: Wahyu Sabda Kuncahyo

10 Bakal Cawapres Jokowi Pilihan Warga - Kantorberitapemilu.com

Pilpres/Net

KBPRI. Lembaga Pusat Kajian dan Pengembangan Berdikari melakukan penjaringan bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019. Hasilnya ada 10 nama yang dianggap paling layak.

Penjaringan nama dikemas dalam bentuk penyerapan aspirasi melalui lomba menulis bertajuk 'Cawapres Jokowi Pilihan Warga.' Berlangsung pada 10 April hingga 10 Juni dengan mengumpulkan 130 tulisan hasil seleksi tim juri.

Pendiri PKP Berdikari Osmar Tanjung mengatakan, setiap tulisan hanya bisa mengusulkan satu nama. Hasilnya, ada 43 nama kandidat cawapres bagi Jokowi. Tim juri kemudian membuat peringkat untuk menjaring 43 nama yang masuk 10 besar.

"Tim juri sementara ini mengumumkan sepuluh besar nama-nama yang menjadi pilihan warga dengan tetap memperhitungkan kemungkinan nama lain untuk dapat menjadi bakal cawapres bagi Jokowi," jelasnya dalam siaran pers, Selasa (19/6).

Berdasarkan pemeringkatan, nama Mahfud MD berada di puncak dengan dukungan 25 suara. Selanjutnya ada mantan Panglima TNI Moeldoko dengan 14 suara. Sementara, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengantongi delapan suara, Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy dengan tujuh suara.

Kemudian ada nama Chairul Tanjung, Susi Pudjiastuti, Tito Karnavian dan Muhaimin Iskandar yang masing-masing mendapat enam suara. Sementara, Menteri Keuangan Sri Mulyani ada di peringkat sembilan dengan lima suara. Terakhir nama mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dengan mengantongi empat suara.

"Bagi tim juri, nama-nama itu tidaklah mengejutkan karena cukup sering diperbincangkan warga baik secara langsung maupun melalui media sosial dan media lainnya," ujar Osmar Tanjung.

Selain itu, muncul juga nama Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketum Partai Nasdem Surya Paloh, Wapres Jusuf Kalla. Serta ekonom senior Rizal Ramli dan mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Tim juri tak hanya menyaring 10 nama kandidat tetapi juga akan memilih 20 tulisan terbaik. Tim juri akan mengumumkan hasilnya pada awal Juli 2018," tutup Osmar Tanjung. [wah]


Komentar Pembaca